Independensi Media Massa Lokal di Madura Selama Masa Kampanye Pemilihan Presiden 2014

Triandika, Lulus Sugeng (2019) Independensi Media Massa Lokal di Madura Selama Masa Kampanye Pemilihan Presiden 2014. At Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus, 6 (2). pp. 217-234. ISSN 2338-8544

[img]
Preview
Text
20-B0021.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunika...

Abstract

Media massa memiliki peran penting selama masa kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Sebagai alat komunikasi politik, media massa memiliki pengaruh kuat bagi publik. Fen omena tersebut menjadi komoditas pemberitaan pada media massa, baik lingkup nasional maupun daerah. Topik tentang pemilihan presiden menjadi tajuk berita utama di mayoritas media massa. Radar Madura, salah satu media cetak lokal di Madura,Bahkan beberapa kali menjadikan kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden sebagai tajuk berita utama. Netralitas dan independensi media massa pada masa kampanye kemudian perlu dikaji kembali. Berdasarkan fakta bahwa redaksi media massa bisa menentukan sudut pemberitaannya. Maka perlu dikaji untuk mengetahui makna pembingkaian berita. Analisis framing dengan pendekatan teori milik Pan dan Kosicky digunakan untuk mengkajinya. Hasilnya adalah ditemukan fakta bahwa Radar Madura telah melakukan pembedaan tema dan konsep pemberitaan kampanye calon presiden dan wakil presiden. Fakta tersebut merupakan representasi kecondongan redaksi terhadap salah satu cal on Presiden dan W akil Presiden.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 20-B0021.pdf
Uncontrolled Keywords: Mass Media, Framing Analysis, 2019 Presidential dan Vice Presidential Election Campaign, and Madura Radar Daily,Media Massa, Analisis Framing, Kampanye Pemilihan Presiden & Wakil Presiden 2019, dan Harian Radar Madura
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.23 Media of Communication, Mass Media (Media Komunikasi, Media Massa)
300 Social Science > 320-329 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan) > 320.014 Political Propaganda (Propaganda Politik)
300 Social Science > 320-329 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan) > 324.91-324.99 Geographic Treatment (Kampanye dan Pemilihan Umum di Lokasi Tertentu)
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Apr 2020 09:30
Last Modified: 23 Apr 2020 09:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8969

Actions (login required)

View Item View Item