Mujadi, (2016) Pemahaman Guru (Mahasisiwa) S1 PGSD terhadap Rangkaian Listrik Sederhana dan Gaya Magnet. In: Peran Matematika,sains, dan teknologi dalam mendukung gaya hidup perkotaan (urban life style) yang berkualitas, 22 september 2016, UTCC.
|
Text
Pemahaman Guru (Mahasiswa) S1 PGSD terhadap rangkaian listrik sederhana dan gaya magnet.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Konsep dasar listrik dan magnet bagi guru-guru sekolah dasar secara sederhana diharapkan mampu memberikan pengetahuan terhadap siswa tentang arus listrik pada skala yang lebih mudah dipahami dan dimengerti. Anak-anak di tingkat sekolah dasar haruslah mampu mengingat dan menggambarkan bahwasanya jika dalam suatu alat penerangan seperti halnya lampu senter yang diisikan baterai akan dapat menyalakan lampu. Lampu senter dan baterai adalah suatu bentuk rangakian tertutup dan secara sederhana dapat digambarkan dengans angat mudah dipahami dan dimengerti. Demikian juga suatu benda dari besi yang dapat menarik benda-benda sejenis dari blogam yang disebut dengan magnet mempunyai suatu konsep yang mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa-siswa sekolah dasar. Nyala lampu dan tertariknya benda oleh benda lain merupakan fenomena alam yang sangat amat bperlu dipahami dan dimengerti oleh siswa-siswa sekolah dasar, mengapa dan bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Suatu pertanyaan tentang hal ini perlu mendapatkan jawaban y ang sederhana, tepat dan benar. Siapa yang harus paling awal memberikan pengetahuan ini? Suatu uji coba pada guru-guru/ mahasiswa Universitas Terbuka S1 PGSD yang telah mengambil matakuliah Konsep Dasar IPA di SD dan Materi Pembelajaran IPA di SD melalui kuisioner dan wawancara tentang konsep arus listrik dan gaya magnet oleh guru (mahasiswa) sekolah dasar? Hasil ini akan selalu berdampak seimbang kepada kemampuan siswa baiks ecara kuatitatif maupun kualitatif. Artinya dalam hal ini siswa harislah diberukan bekal ilmu pengetahuan secara benar, mudah, jelas dan sempurna baik secara teori maupun praktek oleh guru-guru (mahasiswa). Sehingga kemampuan siswa tentang rangakan sederhana arus searah dan gaya magnet akan lebih baik
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep arus listrik, gaya magnet |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:43 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:43 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9015 |
Actions (login required)
View Item |