Pengaruh Kualitas Sistem Informasi manajemen, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Badan Pengusahaan Batam

Lynda, Vera (2013) Pengaruh Kualitas Sistem Informasi manajemen, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Badan Pengusahaan Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41653.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kualitas sistem informasi manajemen di BP Batam; (2) Budaya organisasi di BP Batam; (3) Tingkat kepuasan kerja di BP Batam; (4) Kinerja Pegawai di BP Batam; (5) Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Manajemen terhadap Kinerja Pegawai pada BP Batam secara parsial; (6) Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai secara parsial;(7) Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai secara parsial;serta (8) Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Manajemen, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai secara simultan. Sistem Informasi (Information System) merupakan suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam suatu perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan pengaliran informasi. Budaya organisasi merupakan norma-norma dan nilai-nilai yang mengarahkan perilaku anggota organisasi di mana setiap anggota akan berperilaku sesuai dengan budaya yang berlaku agar diterima oleh lingkungannya.Kepuasan kerja adalah keadaan emosi yang positif dari mengevaluasi pengalaman kerja seseorang.SedangkanKinerja pada dasamya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan. Metode Penelitian: Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah 240 Orang dan Jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah 150 Orang, Teknik Pengumpulan Data dengan Kuisioner, Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Stratified Sampling. Metode Analisis adalah Analisis Deskriftif dan Kuantitatif, Analisis Deskriftif dengan Rentang Skala, Nilai Rata-Rata, Nilai Maximum dan Nilai Minimum. Analisis Kuantitatif dengan Regresi Linier Berganda, Determinasi (R. Square), nilai koefisien determinasinya secara Parsial (r2) dan Simultan (R2). Untuk menguji Hipotesis dengan t-Test (Secara Parsial) dan F-Test (Secara Simultan), dengan tarafsignifikansinya (a = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan, tingkatan rata-rata jawaban responden uotuk variabel Kualitas Sistem Informasi Manajemen (X1) sebesar 67,01%, tingkatan ratarata jawaban responden untuk variabel Budaya Organisasi (X2) sebesar 69,51%,tingkatan rata-rata jawaban responden untuk variabel Kepuasan Kerja (X3) sebesar 69,88%, dan tingkatan rata-rata jawaban responden untuk variabel Kinerja Pegawai (Y) sebesar 69,68%, ini menunjukkan tingkatan rata-rata jawaban responden tertinggi terdapat pada variabel Kepuasan Kerja(X3). Besarnya pengaruh variabel Kualitas Sistem Informasi Manajemen terhadap Kinerja Pegawai adalah sebesar 3,950 (39,50%). Besarnya pengaruh variabel Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai adalah sebesar 4,337 (43,37%). Besamya pengaruh variabel Kepuasan Kerja terhadap Kinerja adalah sebesar 4,965 (49,65%). Besarnya pengaruh variabel Kualitas Sistem Informasi Manajemen dan Budaya Organisasi terhadap kinerja secara simultan pada pegawai adalah sebesar 823,488.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41653.pdf
Uncontrolled Keywords: Quality of Management Information Systems, Organizational Culture, Job Satisfaction and Employee Performance,Kualitas Sistem Infonnasi Manajemen, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja ,dan Kinerja Pegawai.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:17
Last Modified: 04 Aug 2016 07:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item