Proporsi Kinerja Guru-guru Sekolah Dasar Lulusan Pendidikan Jarak Jauh Universitas Terbuka di kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro (Studi Realitas Kinerja Guru-guru Lulusan S1 PGSD-UT di Daerah Pinggiran)

Mujadi, (2016) Proporsi Kinerja Guru-guru Sekolah Dasar Lulusan Pendidikan Jarak Jauh Universitas Terbuka di kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro (Studi Realitas Kinerja Guru-guru Lulusan S1 PGSD-UT di Daerah Pinggiran). In: Seminar nasional kuantum 2016, 18 desember 2016, Auditorium kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan.

[img]
Preview
Text
Proporsi Kinerja guru-guru SD lulusan PJJ UT di Kec. Bubulan Kab Bojonegoro (studi realitas kinerja guru guru lulusan S1 PGSD UT di daerah pinggiran).pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

UU No 14 tahun 2005 dan PP No.19 tahun 2005 merupakan momentum utama yang memberikan energi baru dari suatu kebangkitan pendidikan nasional, suatu upaya melalui terobosan untuk meningkatkan kualitas mutu guru dan mutu pendidikan. Peningkatan kualitas guru dengan kualifikasi S1 maupun D-IV pada jenjang guru SD/MI telah mendapatkan prioritas utama melalui tugas belajar untuk penyertaan dalam bentuk beas siswa pendidikan dalam jabatan bagi guru-guru SD/MI. dengan berjalannya waktu sampai dengan tahun 2016 ini hampir 90% guru-huru yang mengajar di sekolah dasar negeri maupun swasta yang ada di seluruh penjuru tanah air telah berkualifikasi S1 PGSD. Kualifikasi yang dimiliki oleh guru-guru dapat berasal dari beberapa perguruan tinggi penyelenggara S1 PGSD yang ada di daerah masing-masing secara konvensional atau didapat dengan belajar mandiri melalui sistem pembelajaran jarak jauh di Universitas Terbuka. Beberapa informasi yang penulis terima dari para kepala dinas pendidikan dan UPTD di daerah Kabupaten Malang, banyumas, Purbalingga, dan Bojonegoro secara signifikan terdapat kenaikan proporsi kualitas dan prestasi siswa sekolah dasar dari sekolah-sekolah yang guru-gurunya lulusan dari S1 PGSD-UT. Untuk mengklarifikasi kebenaran dari informasi yang didapat, penulis mencoba untuk melalukan studi realitas kinerja guru-guru sekolah dasar kualifikasi S1 lulusan Universitas Terbuka di daerah Kabupaten Bojonegoro yang berada di satu pinggiran kota di kecamatan Bubula. Kecamatan Bubulam merupakan daerah yang berada di hutan jati dan tidak tersedia sarana angkutan umum, dan saranan pendidikan dasar terdapat 7 (tujuh) sekolah dasar negeri yang saling berjauhan satu dengan yang lainnya. Tiga sekolah dasar yang menjadi sampel pengamatan dan pemantauan penulis untuk mendapatkan data dengan menggunakan patokan dsar dari Oenilaian Kinerja Guru (PKG) yang meliputi ranah kompetensi pedagogi, Kepribadia, Sosial, dan Profesional. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa secara signifikan keempat ranah kompetensi terpenuli pada tatadan cukup baik dan sangat baik dengan proporsi 75-100%. Sedangkan temuan-temuan lainnya diantaranya masalah kelengkapan alat bantu dan media pembelajaran IPA Fisika dapat dilaksanakan karena nilai-nilai kreatifitas yang tinggi dari guru dan berkembangnya inovasi pembelajaran yang inovatif, serta temuan kurangnya kesempatan guru-guru untuk mengembangkan profesionalismenya sebagai pendidik

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: proporsi dan kinerja
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 30 Jul 2020 07:43
Last Modified: 30 Jul 2020 07:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9022

Actions (login required)

View Item View Item