Mudirliun, (2018) Peran Mediator Kesejahteraan Psikologis Dalam Hubungan Kompetensi Pedagogik Dan Kepuasan Kerja Guru SMAN Di Kabupaten Kaur. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43946.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubugan antara kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja guru SMAN di Kabupaten Kaur jika dimediasi oleh kesejahteraan psikologis. Dalam penelitian ini, guru SMAN di Kabupaten Kaur yang berjumlah 155 orang dijadikan sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan seperangkat kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan Hierarchical Multiple Regression Analysis (HMRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru SMAN di Kabupaten Kaur. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan psikologis guru SMAN di Kabupaten Kaur. Selanjutnya, kesejahteraan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan kesejahteraan psikologis memediasi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kepuasan kerja guru SMAN di Kabupaten Kaur. Walaupun pengaruh dan sumbangan dari masing-masing variabel yang diberikan kecil, kompetensi pedagogik dan kesejahteraan psikologis sebaiknya dimiliki oleh setiap guru untuk mencapai kepuasan kerja mereka. Komunikasi antara siswa dan guru juga sebaiknya ditingkatkan. Selanjutnya, guru juga diwajibkan menggunakan RPP yang sudah ditetapkan dan diperbaharui setiap tahunnya oleh pihak sekolahan.
Actions (login required)
View Item |