Manajemen Perubahan Layanan Penumpang PT Kereta Api Indonesia (Persero): Analisis Dari Perspektif Pendekatan Individu

Priyanto, Agus (2020) Manajemen Perubahan Layanan Penumpang PT Kereta Api Indonesia (Persero): Analisis Dari Perspektif Pendekatan Individu. Doctoral thesis, Universitas Padjajaran.

[img]
Preview
Text
Disertasi Agus Pri_Final.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menciptakan keunggulan kempetitif berkelanjutan karena didukung oleh adanya manajemen perubahan layanan penumpang yang menitikbeberatkan kepada perubahan pola pikir individu yang ada di dalamnya. Bertolak dari keberhasilan tersebut, tujuan penulisan disertasi ini adalah untuk menganalisis bagaimana pola manajemen perubahan pelayanan penumpang yang diterapkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) tersebut sehingga mampu menciptakan keunggulan daya saing berkelanjutan seperti sekarang ini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data primer penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap informan 12 informan kunci, yaitu karyawan dari divisi operasional yang telah bekerja dari periode sebelum perubahan sampai periode setelah perubahan seperti sekarang ini. Data primer juga diperoleh melalui wawancara terhadap pimpinan dan juga dengan para penumpang sebagai pengguna jasa, Adapun data sekunder diperoleh melalui obeseravsi, dan studi terhadap dokumen-dokumen pendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan program manajemen perubahan pelayanan penumpang yang dijalankan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) karena para karyawan telah memiliki rasa kemendesakan utuk berubah, keinginan menerima perubahan, kompetensi yang memadahi tentang perubahan, dan komitmen untuk mempertahankan perubahan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): Disertasi Agus Pri_Final.pdf
Uncontrolled Keywords: sustainable competitive advantage, change management, and service, Keunggulan kompetitif berkelanjutan, manajemen perubahan, dan layanan.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 651.9 Office Services in Specific Kinds of Enterprises (Layanan Kantor untuk Perusahaan Tertentu)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.02 Management for Enterprises (Manajemen Perusahaan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.04 Manajement for Specific Organizations (Manajemen Organisasi Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:06
Last Modified: 09 Jun 2021 07:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9351

Actions (login required)

View Item View Item