Efektivitas Penggunaan Realistic Mathematic Education (RME) Dengan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Bekasi

Hanifah, (2019) Efektivitas Penggunaan Realistic Mathematic Education (RME) Dengan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Bekasi. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44229.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemarnpuan pemecahan masalah merupakan hal yang baru diterapkan dan perlu dikaji keefektifannya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui efektifitas penggunaan RME dengan PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Insan Taqwa Kabupaten Bekasi. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV tahun pelajaran 2018/2019, dengan sampel siswa kelas IVD sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVC sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes, dengan bentuk soal uraian. Data yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Metode analisis data yang digunakan yaitu 1) deskripsi hasil pelaksanaan penelitian, 2) analisis deskriptif, dan 3) analisis inferensial. Kemampuan pemecahan masalah pada kelas kontrol untuk aspek mengidentifikasi masalah memiliki persentase paling tinggi yaitu sebesar 64,20% dan terendah pada aspek menjelaskan hasil sebesar 55,93%. Kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen untuk aspek mengidentifikasi masalah memiliki persentase paling tinggi yaitu sebesar 92% dan terendah pada aspek menjelaskan hasil sebesar 73,60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penggunaan RME dengan PBL efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berikut kesimpulan secara khusus: ·(1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah aspek mengidentifikasi masalah antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang signifikan dengan signifikansi 0,000 < 0,05; (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah aspek merumuskan masalah antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang signifikan dengan signifikansi 0,000 < 0,05; (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah aspek menerapkan strategi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang signifikan dengan signifikansi 0,000 < 0,05; (4)terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah aspek menjelaskan . hasil antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang signifikan dengan signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44229.pdf
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education, Problem Based Leaming, Mathematical Problem Solving Ability, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (Berhitung untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Dec 2021 08:42
Last Modified: 12 Dec 2023 04:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9608

Actions (login required)

View Item View Item