Analisis Kompetensi Profesional dan Keterampilan Dasar Tutorial Tutor Pendidikan Jarak Jauh

Kusmaladewi, and Zaidin, M. Arifn (2021) Analisis Kompetensi Profesional dan Keterampilan Dasar Tutorial Tutor Pendidikan Jarak Jauh. In: Sastra, Kemandirian, Kompetensi, Dan Persepsi Dalam Pendidikan Jarak Jauh: Bunga Rampai Artikel Hasil Penelitian Dasar. DE LA MACCA, Makassar, pp. 250-281. ISBN 978 623 602 193 5

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai Kusmaladewi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tertujuan untuk mengkaji bagaimana kemampuan penerapan kompetensi profesional tutor dan bagaimana kemampuan penerapan keterampilan dasar tutorial tutor Program Pemdidikan Anak Usia Dini di Unit Program Belajar Jarak Jauh Univeritas Terbuka Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini terdiri atas enam orang tutor sebagai informan kunci. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan pertimbangan informan kunci berada di pokjar kobupaten daerah tingkat II. Analisis data digunakan empat tahap, yaitu identifkasi, reduksi data, interpretasi, penjelasan, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tutor memiliki kesiapan tutorial, tutor tidak melakukan pengecekan kesiapan modul dan tidak menyampaikan kompetensi khusus (KK), penyajian materi masih kurang maksimal. tutor tidak memberikan apersepsi, tutor bersikap fleksibel dan positif dalam tutorial, penyajikan materi menggunakan power point, tutor belum makasimal memberikan penilaian proses atau hasil belajar, tutor tidak memanfaatkan bertanya dasar , terutama pertanyaan klasikal, tutor melakukan penguatan verbal dan nonverbal , tutor [251] kurang memanfaatkan gaya tutorial variatif, tutor memberikan penjelasan bahasa yang baik dan benar, tutor kurang perhatian terhadap mengelolaan kelas, tutor memberikan salam pembuka dan penutup tutorial sekalipun item informasi yang disampaikan belum lengkap. Tutorial tidak hanya membutuhkan komitmen tinggi melainkan sangat membutuhkan penguasaan komptensi professional dan penguasaan penerapan keterampilan dasar tutorial. Implikasi hasil penelitian ini adalah PJ Bidang BLBA lebih intens membekali para tutor pengertian, dan pemahaman tentang pentingnya kompetensi profesional dan keterampilan dasar tutorial dalam pembekalan tuto

Item Type: Book Section
Additional Information (ID): Bunga Rampai Kusmaladewi.pdf
Uncontrolled Keywords: Dasar, kompetensi, penerapan, professional, keterampilan,, tutorial
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 30 Mar 2022 01:51
Last Modified: 30 Mar 2022 01:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9693

Actions (login required)

View Item View Item