Muharanis, Rheiga (2013) Analisis Kinerja Aparatur dalam Pelayanan Masyarakat (Studi Kasus pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41646.pdf Download (43MB) | Preview |
Abstract
Kinerja merupakan konsep penting dalam tata pemerintahan yang baik: dan bertanggung jawab. Pengukuran kinerja aparatur pelayan masyarakat sangat penting untuk menilai akuntabilitas pelaksanaan pemerintahan dalam menghasilkan pelayanan publik yang lebih baik. Konsep utama dalam penelitian ini adalah penilaian terhadap kinerja aparatur pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang dalam upaya melayani masyarakat. Indikator yang digunakan untuk mengukur kinerja aparatur tersebut mencakup : Produktifitas, kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil dan Honorer pada kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang yang berjumlab 65 orang. Selanjutnya informan yang digunakan sebanyak 20 orang dari anggota masyarakat, yang mewakili pengguna berbagai pelayanan yang diberikan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan, penelitian ini membuktikan bahwa secara umum kinerja aparatur Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang masih belum mencapai tingkat yang diharapkan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja aparatur tersebut dalam memberikan pelayanan kapada masyarakat yaitu Faktor Prilaku, Faktor Sistem, Faktor Budaya dan Faktor Pengawasan. Meningkatkan loyalias dan motivasi kerja aparatur serta penyederhanaan birokrasi pelayanan dan inforasi yang jelas merupakan saran yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 14/41646.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Performance Apparatus, service society, Kinerja Aparatur, Pelayanan mayarakat |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 03:18 |
Last Modified: | 19 Feb 2019 02:39 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/971 |
Actions (login required)
View Item |