Implementasi Kebijakan Pendidikan Berbasis Masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat

Jazri, H. Ahmad (2012) Implementasi Kebijakan Pendidikan Berbasis Masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
1340979.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Nurul Bayan merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang berada di kecamatan Bayan kabupaten Lombok Utara, dimana sejak awal berdirinya telah melaksanakan program pendidikan berbasis masyarakat (PBM) dengan sistim asrama.Untuk dapat memenuhi tuntutan nasional dan global, selain menyelenggarakan kurikulum pesantren, juga dituntut untuk mengikuti kurikulum Diknas. Untuk kepentingan tersebut diperlukan kebijakan pemerintah yang tertuang dalam PP Nomor 19 Tahun 2005 yang mengatur 8 standar pendidikan. Penelitian ini berjudul: Implementasi Kebijakan Pendidikan berbasis Masyarakat di PP Nurul Bayan kecamatan Bayan kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengkaji dan menganalisa implementasi PBM di PP Nurul Bayan.Pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan kualitatif dengan metode diskriftif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Informan kunci dalam wawancara adalahPimpinan Pondok Pesantren, kepala MTs, Direktur TMI dan sekrtris PP Nurul Bayan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBM di PP Nurul Bayan telah berjalan sesuai dengan amanat undang-undang no 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 16, dimana penyelenggaraannya didasarkan pada kekhasan agama, sosial, budaya, aspirasi, dan potensi masyarakat sebagai perwujudan pendidikan dari, oleh, dan untuk masyarakat. Pelaksanaan kurikulum di PP Nurul Bayan telah mengacu pada PermendiknasNo 22 Tahun 2006 tentang standar isi dan PermendiknasNo 9 tahun 2005 Pasal 7 tentang Struktur dan muatan KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sedangkan Sarana-Prasarana dan tenaga pendidik telah sesuai dengan PermendiknasNo 24 Tahun 2007. Kinerja output pendidikan menunjukkan bahwa tingkat kelulusan siswa pada jenjang MTs dan Aliyah cukup tinggi untuk 2 tahun terakhir yaitu pada tahun ajaran 2009-2010 dan 2010-2011. Beberapa fakto-faktor yang mendukung implementasi PBM di PP Nurul Bayan adalah faktor disposisi, fragmentation pada factor struktur birokrasi, faktor lingkungan dan faktor motivasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40979.pdf
Uncontrolled Keywords: implemetation, education based community, pondok pesantren, implementasi, pendidikan berbasis masyarakat
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.07 Religious Schools (Sekolah Keagamaan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:24
Last Modified: 05 Aug 2016 03:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item