MUKHLIS, RIJAL and Meutia, and Nurul, Hidayah Baiq (2020) Pengaruh Kompetensi,Kompensasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Relawan Taruna Siaga Bencana Pada Dinas Sosial Kabupaten Bima. Other thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44394.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Motivasi rnerupakan sesuatu yang sangat penting yang harus dimiliki oleh manusia dalam berorganisasi. Motivasi kerja muncul karcna adanya kebutuhan,baik itu kebutuhan yang bersifat material maupun non-material. Selain itu, motivasi juga dapat mendukung perilaku manusia yang secara langsung berpengaruh terhadap kompetensi, kompensasi, dan kepuasaan kerja. Semakin tinggi motivasi seseorang dalam bekerja, semakin baik hasil kerja yang diperoleh. Pcnelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi, kompensasi dan kepuasan kerja terhadap motivasi kerja Relawan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) pada Dinas Sosial Kabupaten Bima secara parsial maupun simultan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana responden yang digunakan sebanyak 65 orang yang merupakan sampel jenuh (populasi) dari anggota TAGANA Dinas Sosia.l Kabupaten Bima. Adapun instrumen penelitian adalah kuesioncr dengan menggunakan skala Iikert. Untuk menganalisa data. peneliti menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kornpetensi, kompensasi dan kepuasan kerja memiliki pengaruh terhadap motivasi kerja TAGANA Pada Dinas Sosial Kabuaten Bima. Dalam hal ini , kompetensi merupakan karakter, motif, konsep diri, pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki oleh anggota TAGANA di mana hal tersebut mempengaruhi perilaku dan kemampuan yang menghasilkan prestasi kerja yang baik. Kompensasi diartikan sebagai bentuk penghargaan, balas jasa, atau imbalan yang diberikan terhadap karyawan. Selain itu, kepuasan kerja timbul karena adanya motivasi yang tinggi, tanggung jawab, dan semangat dalam mewujudkan tujuan organisasi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi, kompensasi, dan kepuasaan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja anggota TAGANA Dinas Sosial Kabupaten Bima. Ketiga aspek tersebut memberikan kontribusi terhadap perilaku kerja daJam mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu, guna mendapatkan kepuasan kerja yang bruk, organisasi harus meningkatkan motivasi, kompetensi dan kompensasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information (ID): | 530013063 - 44394.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Competence, compensation,job satisfaction, motivation,Kompensasikompetensi, Kepuasan Kerja, Motivasi |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 07:21 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 07:21 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9752 |
Actions (login required)
View Item |