Kinerja Puskesmas Simeulue Tengah di Kabupaten Simeulue

MUSRIADI, and Sanusi, and Sembiring, Maximus Gorky (2016) Kinerja Puskesmas Simeulue Tengah di Kabupaten Simeulue. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44358.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan alat yang bermanfaat dalam upaya mencapai tujuan, melalui pengukuran kinerja dapat dilakukan proses penilaian terhadap pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dan pengukuran kinerja dapat memberikan penilaian yang obyektif dalam pengambilan keputusan manajemen. Jadi penilaian kinerja dapat membantu meningkatkan kualitas dan menurunkan biaya yang timbul dari kegiatan pemerintah. Puskesmas sebagai unit pelaksana teknis daerah dari Dinas Kesehatan adalah unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan, pusat pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan kegiatan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan pada masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah tertentu, Adanya otonomi daerah, di mana bidang kesehatan termasuk ke dalam urusan yang diserahkan kepada daerah dan adanya kebijaksanaan swadana serta masuknya sektor swasta dalam bidang kesehatan akan mendorong kompetisi dalam memanfaatkan sumber daya yang efisien, kondisi seperti itu akan menuntut puskesmas untuk melaksakan kinerjanya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan kinerja Puskesmas Simeulue Tengah di Kabupaten Simeulue. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer berupa basil pengolahan kuesioner dan hasil wawancara yang dilakukan pada responden/ informan, data sekunder berupa arsip-arsip atau dokumen-dokumen yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Alat analisis yang digunakan untuk mengukur kinerja Puskesmas Simeulue Tengah menggunakan pendekatan Balanced Scorecard yang dimodifikasi yaitu Re-scaling Balanced Scorecard dan diperuntukan bagi nonprofit organizations yang meliputi aspek; pelanggan, keungan, proses internal serta pertumbuhandan pembelajaran. Hasil Penelitian secara kuantitatif menunjukan bahwa, baik aspek pelanggan, keuangan, proses internal, dan pertumbuban dan pembelajaran kinerja Puskesmas Simeulue Tengah. Dari keempat aspek ini diperoleh total nilai rata-rata 82,77 dengan score rerata 3,19 - termasuk dalam kategori baik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44358.PDF
Uncontrolled Keywords: Performance, Puskesmas, Customer Perspective, Financial Perspective, Internal Process Perspective, and Learning and Growth Perspective, Kinerja, Puskesmas, Perspektif Pelanggan, Perspektif Keuangan, Perspektif Proses Internal, dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:41
Last Modified: 25 Jul 2022 03:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9813

Actions (login required)

View Item View Item