Implementasi Kebijakan Komunikasi Publik pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan

SUJARWATI, NURI and Manurung, Lisman and Sudirah, (2019) Implementasi Kebijakan Komunikasi Publik pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44281.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi kebijakan komunikasi publik di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik menugaskan kementerian dan lembaga untuk melaksanakan komunikasi publik. Kebijakan komunikasi publik kementerian/lembaga merupakan komitmen pemerintahan untuk memenuhi prinsip pemerintahan yang baik (good government governance). Masalah pokok penelitian ini iadah bagaimana kebijakan dan implementasi komunikasi publik telah dilaksanakan oleh BPKP serta faktor-faktor yang menentukan keberhasilan implementasi komunikasi publik. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan kebijakan komunikasi publik dan implementasinya di lingkungan BPKP. Penelitian ini menggunakan metoda penelitian kualitatif , data dikumpulkan dengan wawancara dengan sejumlah partisipan. Analisis komparasi diterapkan untuk membandingkan hasil wawancara guna menghasilkan kesimpulan-kesimpulan dengan merujuk pada teori implementasi kebijakan publik. Temuan penelitian ini ialah bahwa BPKP telah melakukan berbagai upaya untuk mengimplementasikan komunikasi publik. Ditemukan proses komunikasi ke publik atas hasil-hasil audit BPKP tidak mudah karena infomasi hasil pengawasan keuangan tidak mudah dikomunikasikan. Diakui oleh para pelaksana tugas bahwa tanggung jawab sebagai auditor berbeda dengan beban tanggung jawab dalam memenuliinarapan publik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa langkah untuk memenuhi tujuan komunikasi publik BPKP bekerja secara hati-hati dalam mengkomunikasikan kepada publik hasil pengawasan-pengawasannya. Faktor dominan dalam mengimplementasi komunikasi publik adalah kompetensi sumberdaya manusia BPKP di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Untuk meningkatkan kualitas komunikasi publik perlu menyiapkan rujukan-rujukan kerja berupa SOP (Standard Operating Procedure) serta menyiapkan Sumber Daya Manusia yang menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information (ID): 44281.pdf
Uncontrolled Keywords: Public Communication, Accountability, Policy, Implementation, Governance, Komunikasi Publik, Akuntabilitas, Kebijakan, Implementasi, Tata Kelola
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication (Komunikasi)
300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.23 Media of Communication, Mass Media (Media Komunikasi, Media Massa)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Jul 2022 09:05
Last Modified: 27 Jul 2022 06:33
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9867

Actions (login required)

View Item View Item