RIDWAN, MUHAMMAD and Djaenuri, Aries and Madiarti Isman, Suci (2007) Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Perpajakan pada Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Satu. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40162.pdf Download (21MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah tentang pengaruh kemampuan dan motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan perpajakan pada Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Satu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh kemampuan pegawai dan motivasi kerja pegawai secara simultan terhadap kualitas pelayanan perpajakan; (2) Pengaruh kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan perpajakan; dan (3) Pengaruh motivasi kerj al pegawai terhadap kualitas pelayanan perpajakan. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Satu Jalan TMP Kalibata No. 19 Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei yang bersifat deskriptif analitis, dengan sampel 100 pegawai dan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan teknik statistik regresi linier berganda. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa besarya pengaruh secara simultan antara kemampuan pegawai (X1) dan motivasi kerj~ pegawai (X2) terhadap kualitas pelayanan perpajakan (Y) sebesar 0,321 tergolong sedang Sedangkan kontribusi secara bersamasama (simultan) variabel Xr dan X2 terhadap (Y) = R2 x 100% atau 0,3212 x 100% = 10,3% dan sisanya 89,7% ditentukan oleh variabel lain. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah y = 45,456 - 0,273 XI + 0,457 x2 . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut : (1) Besarnya pengaruh variabel kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan perpajakan adalah sebesar 0,057; (2) Besarnya pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan perpajakan adalah 0,260. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disarankan hal sebagai berikut : (1) Pimpinan senantiasa meningkatkan kemampuan pegawainya, sehingga pegawai dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan; (2) Pimpinan menempatkan pegawai yang relevan dengan keahliannya dan professional dalam bidangnya; (3) Motivasi kerja aparat perlu ditingkatkan dengan memperhatikan berbagai aspek; ( 4) Pimpinan harus selalu memantau kinerja pegawainya. (5) Bagi peneliti yang ingin mengadakan penelitian tentang pengaruh kemampuan dan motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan perpajakan hendaknya menambah faktor lain atau mengganti obyek yang berbeda atau waktu yang berbeda dengan penelitian ini.
Actions (login required)
View Item |