Efektif Belajar Matematika Pada Anak Usia Dini Dengan Jari Melalui Model Aplikasi Visualisasi Jarimatika

Ekowati, Maria Atik Sunarti and Darsini, (2015) Efektif Belajar Matematika Pada Anak Usia Dini Dengan Jari Melalui Model Aplikasi Visualisasi Jarimatika. In: Prosiding Seminar Nasional FMIPA-UT 2015: Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi Menuju Kemandirian Bangsa.

[img]
Preview
Text
fmipa2015_16.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya yaitu yang baru saja dilakukan pada anak-anak TK dan PAUD di Wilayah Dinas Dikspora Kota Surakarta. Dan telah dihasilkan sebuah model aplikasi visualisasi jarimatika yang sederhana sebagai penyempurnaan lekukan jari tangan pada model aplikasi visualisasi untuk membantu proses pembelajaran berhitung atau matematika pada anak TK dan PAUD di Wilayah Dinas Dikpora, Kota Surakarta. Tujuan dari riset yang dilakukan di TK dan PAUD Wilayah Dinas Dikspora Kota Surakarta adalah sebagai kelanjutan penelitian pada tahun I yaitu mengembangkan model baru visualisasi jarimatika dengan rancangan model berbasis WEB. Proses pembelajaran matematika yang diajarkan disekolah dikenalkan melalui metode jarimatika yang berbasis WEB. Melalui website diharapkan Pengembangan Prototipe Model Aplikasi Visualisasi Jarimatika Sederhana dan menarik guna meningkatkan pembelajaran anak usia dini, akhirnya dapat diwujudkan menjadi hal yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa, karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Jarimatika sangat penting untuk pembelajaran matematika terutama bagi anak usia dini, oleh sebab itu, pengembangan prototype model aplikasi visualisasi jarimatika adalah solusi yang dapat membantu anak-anak untuk belajar matematika, dan membawa dalam website adalah bagian dari pengembangan teknologi tepat guna, sehingga orang tua siswa khususnya dapat mempelajarinya memlalui media online di internet, sehingga bukan hanya orang tua siwa dan siswa TK dan PlayGroup di 20 sampel di wilayah dinas Surakarta saja yang dapat belajar melainkan semua orang belajar jarimatika melalui media internet secara online. Pengembangan prototype model aplikasi visualisasi jarimatika sederhana dan menarik guna meningkatkan pembelajaran anak usia dini, yaitu suatu prototipe model aplikasi yang memberikan pembelajaran tentang, pengetahuan cara berhitung yang menyenangkan karena dapat berupa gambar, teks, animasi, video, maupun suara sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Pengembangan prototype model aplikasi visualisasi jarimatika dibuat dengan menggunakan dasar aplikasi Macromedia Flash Professional 8 Portable Version, dan bahasa pemrograman Action Script dan database XML. Sedang rancangan tampilannya selain menggunakan makromedia flash Prof 8 juga menggunakan adhope firework, sedang perancangan databasenya menggunakan PhpMyAdmin dan Sequel Pro. Sedangkan output keluaran penelitian berupa : Prototype Model Baru dari Visualisasi Jarimatika, Buku Ajar Konsep Dasar Jarimatika, Jurnal Interanasional, Seminar Nasional, dan di daftarkan ke HKI, hak Cipta.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): fmipa2015_16.pdf
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, matematika, Prototipe, Jarimatika, Aplikasi, Website
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FMIPA-UT 2015
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Aug 2016 08:37
Last Modified: 25 Sep 2018 03:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item View Item