Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Sikap Sosial Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Di Gugus V Kecamatan Melaya

Widyatmika, Agung Adi (2022) Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Sikap Sosial Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Di Gugus V Kecamatan Melaya. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40002-23-cover.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40002-23-abstrak.pdf

Download (730kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dan sikap sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Gugus V Kecamatan Melaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan tiga variabel yaitu gaya belajar (X1), sikap sosial (X2) dan hasil belajar IPS (Y). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial ( anareg sederhana danda) dengan bantuan aplikasi SPSS (IBM Statistic 26.0). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubtmgan gaya belajar dengan hasil belajar IPS dengan besar koefisien determinasi adalah nilai (R2 ) dikali 100% = 0,432 x 100%= 43%. (2), terdapat hubungan yang signifikan sikap sosial dengan hasil belajar IPS dengan besar koefisien determiasi adalah nilai (R2) dikali 100% = 0,199 x 100% = 19% (3), secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan gaya belajar dan sikap sosial dengan hasil belajar IPS dengan besar analisis data perhitungan regresi ganda gaya belajar dan sikap sosial (Xl, dan X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh regresi adalah Y= 22,252 + 0,550 Xl + 0,543 X2. Selanjutnya dengan membandingkan F hitung = 45,755 dengan taraf signifikan 5% tenyata fhitung > ftabel dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan basil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubtmgan gaya belajar dan sikap sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Gugus V Kecamatan Melaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40002-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning Style, Social Attitudes, IPS Learning Outcomes, Gaya Belajar, Sikap Sosial, Hasil Belajar IPS
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:53
Last Modified: 17 Nov 2023 09:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10151

Actions (login required)

View Item View Item