Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Berbasis Google Form Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Siswa Kelas V

Anak, Agung Putu Agung Adhitya Satria Utama (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Berbasis Google Form Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Siswa Kelas V. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40006-23-cover.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40006-23-abstrak.pdf

Download (688kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif berbasis google form tema organ gerak hewan dan manusia siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan pada Gugus II Untung Surapati dengan jumlah populasi 207 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 64 siswa. lnstrumen ini menggunakan langkah penelitian dan pengembangan yaitu a) menyusun spesifikasi tes, b) menulis tes, c) menelaah tes, d) melakukan ujicoba tes, e) menganalisis butir tes, f) memperbaiki tes, g) melaksanakan tes, dan h) menafsirkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas instnunen penilaian keterampilan berpikir kritis berbasis google form tema organ gerak hewan dan manusia siswa kelas V diperoleh yakni 20 soal yang valid, hasil uji reliabilitas berada pada katagori sangat tinggi, tingkat kesukaran berada pada kriteria sedang, daya pembeda berada pada kategori baik serta pada uji pengecoh semua diterirna. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis layak digunakan. Validitas instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatifberbasis googfe form tema organ gerak hewan dan manusia siswa kelas V diperoleh yakni 10 soal yang valid, basil uji reliabilitas berada pada katagori tinggi, tingkat kesukaran berada pada kriteria sedang, serta daya pembeda berada pada kategori baik Hal ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40006-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Instrument, Critical Thinking, Creative Thinking, lnstrumen, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif,
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Nov 2023 09:12
Last Modified: 17 Nov 2023 08:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10157

Actions (login required)

View Item View Item