Pengaruh Metode Bervariasi Dan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Di Gugus Sekolah 2 Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan

Supriantoro, Anang (2022) Pengaruh Metode Bervariasi Dan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Di Gugus Sekolah 2 Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40007-23-abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40007-23-cover.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Metode bervariasi adalah kegiatan guru dengan menggunakan berbagai macam metode dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatan lingkungan sekolah merupakan suatu proses belajar yang berhubungan dengan bahan belajar yang dapat diamati oleh orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pengaruh metode bervariasi terhadap hasil belajar, mengetahui pengaruh secara signifikan pemanfaatan lingkungan sekolah terbadap basil belajar, dan mengetahui pengaruh secara signifikan antara pengaruh metode bervariasi dan pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap hasi1 belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Hubungan variabel kausal dan jenis data kuantitatif dianalisa dengan regresi Linier ganda. pengaruh metode bervariasi dan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai variabel independent, sedangkan variabel dependent adalah hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di Gugus Sekolah 2 Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Adapun sampelnya diambil dengan tehnik random sampling. Dalam penelitian "Pengaruh Metode Bervariasi dan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah terhadap Peningkatan. Hasil Belajar IP A Siswa Kelas V SDN di Gugus Sekolah 2 Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan" dengan analisis secara deskriptif menunjukkan bahwa pengaruh metode bervariasi mempengaruhi secara signifikan terhadap hasil belajar. Pemanfaatan Iingkungan sekolah mempengaruhi secara signifikan terhadap prestasi belajar. Adapun hubungan antara pengaruh metode bervariasi dan pemanfaatan lingkungan sekolah terbadap hasil belajar ditunjukkan dari hasil analisis bahwa pengaruh metode bervariasi dan pemanfaatan lingkungan sekolah mempengaruhi secara signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40007-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Variation of methods, Useful School Environment, Achievement, Metode Bervariasi, Pemanfaatan Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:40
Last Modified: 10 Jan 2024 04:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10158

Actions (login required)

View Item View Item