Komparasi Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Di Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Ma'had Al-Zaytun Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu

Mardani, Dadan (2021) Komparasi Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Di Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Ma'had Al-Zaytun Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40012-23cover.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40012-23abstrak.pdf

Download (789kB) | Preview

Abstract

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma'had Al-Zaytun adalab sekolal1 swasta yang sudah memiliki sarana komputer yang memadai dan menjadi sekolah swasta pertama yang menyelenggarakan UNBK di wilayal1 kabupaten Indramayu, bahkan bukan hanya UN berbasis komputer, tapi juga diikuti oleh evaluasi pembelajaran lainnya. Sekolah ini berada di wilayah kecamatan Gantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan basil pembelajaran bal1asa Arab berbasis komputer dengan konvensional dan untuk menganalisis serta mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran bahasa Arab berbasis komputer dengan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mix methode) dengan pendekatan desain menginduk (embedded design). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX MTs Al-Zaytun dengan populasi berjumlal1 687 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 68 orang siswa. Variabel independen pada penelitian ini adalah pembelajaran berbasis komputer dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel dependen adalah hasil pembelajaran berbasis komputer dan konvensional. lnstnunen penelitian yang digunakan berupa tes basil belajar. Pada data hasil belajar yakni basil posttest kelas IX-U (kelas experimen) dan kelas IX-N (kelas kontrol) dilakukan uji nonnalitas dan uji bomogenitas, berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan data tidak berdistribusi nonnal dan homogen, maka hipotesis diuji dengan analisis Uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney dengan SPSS version 23 menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata (mean difference) adalah 13,52941 dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan basil pembelajaran berbasis komputer dengan basil pembelajaran konvensional. Selanjutnya uji efektivitas dengan Uji N-Gain Score dua model pembelajaran tersebut menunjukkan nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 49,1370 atau 49,14%. Sedangkan rata-rata N-gain score untuk kelas kontrol adalah sebesar 28,5405 atau 28,54%. Hasil Uji N-Gain Score tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis komputer lebih efektif diterapkan dibandingkan pembelajaran konvensional. Diduk:ung dengan basil wawancara dengan guru bahasa Arab MTs Al-Zaytun bahwa pembelajaran berbasis komputer sangat membantu gum dalam menyiapkan dan menyampaikan bahan ajar serta hal ini menjadikan guru lebib termotivasi untuk meningkatkan kemampuan ICT -nya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40012-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Computer Based Learning, Conventional Leaming, Learning Outcomes, Pembelajaran Berbasis Komputer, Pemhelajaran Konvensional,Hasil Be/ajar Bahasa Arab
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.6 Language Skills for Elementary Education (Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:34
Last Modified: 12 Jan 2024 08:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10166

Actions (login required)

View Item View Item