Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Menulis Laporan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Kurniasih, Diannita Ayu (2022) Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Menulis Laporan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40016-23cover.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40016-23abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang maksimalnya proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis laporan adalah pembelajaran yang masih dilakukan dengan metode eskpositori. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Karakteristik model pembelajaran berbasis proyek menggunakan sintak yang runtut dan terstruktur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kefektifan model pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar dan kemampuan menulis laporan pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 2 Sukorejo Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design bentuk two group posttest-only design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV Gugus Pangeran Antasari Kecamatan Sukorejo sedangkan sampel yang dipilih secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling. Siswa kelas IV B SDN 2 Sukorejo, sedangkan siswa kelas IV A SDN 2 Sukorejo sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi angket,observasi, dan tes. Data dianalisis menggunakan uji one sample t-test dan Independent samples t-test menggunakan SPSS versi 23. Pengujian menggunakan one sample t-test diperoleh thitun?ttabel (12,880> 2,059) sehingga dapat disimpulkan rata-rata kemampuan menulis laporan siswa kelas IV pembelajaran Bahasa Indonesia yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek di atas KKM. Pengujian menggunakan independent samples t-test untuk variabel motivasi belajar diperoleh thitun?ttabel ((2,293 > 2,059) sehingga dapat disimpulkan motivasi belajar siswa yang diajar dengan PjBL lebih tinggi dibandingkan siswa kelas ekspositori. Pengujian menggunakan independent samples t-test variabel kemampuan menulis laporan diperoleh thttun?ttabel (2,878> 2,059) sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis laporan siswa yang diajar dengan PjBL lebih tinggi dibandingkan siswa kelas ekspositori. Jadi, model pembelajaran berbasis proyek efektif terhadap motivasi belajar dan kemampuan menulis laporan siswa kelas IV SDN 2 Sukorejo Kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40016-23.pdf
Uncontrolled Keywords: learning motivation, report writing ability, project-based learning model, motivasi belajar, kemampuan menulis laporan, model pembelajaran berbasis proyek
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:45
Last Modified: 16 Jan 2024 02:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10171

Actions (login required)

View Item View Item