Pengaruh Strategi Pembelajaran Saintifik Berbantu Multimedia Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA

Putamayanti, Dwi (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Saintifik Berbantu Multimedia Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40017-23cover.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40017-23abstrak.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Saintifik pada Kurikulum 2013 di Gugus 3, kecamatan Rawalumbu yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik yang kreatif dan berpikir kritis belum dilaksanakan secara optimal sehimgga kemampuan tersebut bel urn tampak dimiliki oleh peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik hanya 8% peserta didik yang dapat menjawab soal berdimensi C4-C6. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh interaksi penerapan pembelajaran Saintifik berbantu multimedia dan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Sekolah Dasar kelas IV pada mata pelajaran IP A Penelitian dilakukan di SDN Bojong Rawalumbu IX kota Bekasi. Populasi penelitian adalah sekolah dasar yang ada di Gugus 3 kecamatan Rawalumbu kota Bekasi. Sampel diambil dengan cara pemilihan secara acak (Random Sampling) dan terpilih SDN Bojong Rawalumbu IX yang terdapat 2 kelas dengan jumlah peserta didik 60 orang. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain factorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur (ANOV A), dengan bantuan SPSS versi 25. Kriteria uji F adalah terima Ho, jika Fhitung<Ftabel, dengan tarafs ignifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan antara penerapan strategi pembelajaran Saintifik berbantu multimedia dan strategi pembelajaran Saintifik tanpa multimedia secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV Sekolah Dasar, maka Hoditolak. Terlihat dari hasil pada Strategi pembelajaran Saintifik yang signifikansi<0,05 (0,032)< 0,05. (2) terdapat perbedaan antara sikap ilmiah tinggi dengan sikap ilmiah rendah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di Sekolah Dasar yang signifikan sebesar < 0,05 (0,004) < 0,05 maka Ho ditolak. (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Saintifik dan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang signifikan sebesar > 0,05 (0,33 > 0,05) maka Ho diterima. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Saintifik berbantu multimedia dan sikap ilmiah terhadap berpikir kritis peserta didik sekolah dasar mata pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40017-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Scientific, Multimedia, Scientific Attitude, Critical Thinking, Saintifik, Multimedia, Sikap Ilmiah, Berpikir Kritis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:54
Last Modified: 16 Jan 2024 02:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10172

Actions (login required)

View Item View Item