Pengaruh Contextual Teaching and Learning dan Kemampuan Mendesain Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kecamatan Damar

Yulyadi, Elvi (2021) Pengaruh Contextual Teaching and Learning dan Kemampuan Mendesain Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kecamatan Damar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40020-23cover.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40020-23abstrak.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu hal penting bagi pendidik untuk mendorong hasil belajar siswa dalam pembelajaran IP A. Selain itu kemampuan pendidik untuk merencanakan dan mendesain bahan ajar juga sangat penting dalam mencapai hasil belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA 2) pengaruh kemampuan mendesain bahan ajar terhadap hasil belajar IPA dan 3) pengaruh Contextual Teaching and Learning dan kemampuan mendesain bahan ajar terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian ini menggunakan menggunakan metode angket (kuesioner) dan tes hasil. Pengujian hipotesis menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Contextual Teaching and Learning dengan hasil belajar IPA dengan koefisien determinasi 15,620286 % diperoleh persamaan regresi f =0,75347604 +0,74607126XJ 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Kemampuan Mendesain Bahan Ajar terhadap hasil bela jar IP A dengan koefisien determinasi 12,808708% diperoleh dengan persamaan regresi f = 27,32241079 + 0,499412497 X1 3) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Contextual Teaching and Learning dan Kemampuan Mendesain Bahan Ajar dengan hasil belajar IPA diperoleh koefisien determinan gandanya 0,190878% dengan persamaan regresi garrda f = -8,00894 + 0,544967XI + 0,299367X2.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40020-23.pdf
Uncontrolled Keywords: CTL, abilty to design teaching materials and learning outcomes, kemampuan mendesain bahan ajar dan hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:13
Last Modified: 16 Jan 2024 03:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10179

Actions (login required)

View Item View Item