Hubungan Antara Kemampuan Numerik, Kemampuan Verbal, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Jembrana

Made, Emi Sugiartini (2022) Hubungan Antara Kemampuan Numerik, Kemampuan Verbal, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Jembrana. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
40070-23 cover.pdf

Download (948kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetabui bubungan antara kemampuan numerik, kemampuan verbal dan minat belajar dengan basil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Jembrana. Terdapat empat variabel yang diteliti pada penelitian ini yaitu, kemampuan numerik (Xl ), kemampuan verbal (X2) dan minat belajar (X3) sebagai variabel bebas, serta basil belajar matematika (Y) sebagai variabel terikat, dengan jenis penelitian expost fact. Jumlab populasi dalam penelitian ini sebanyak 256 orang dan diperoleb sampel dengan teknik propotional random sampling sejumlab 171 orang. Data kemampuan numerik dan kemampuan verbal dikumpulkan dengan tes objektif, data minat belajar dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan data basil belajar dikumpulkan dengan pencatatan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalab analisis statistik deskrptif dan analisis statistik inferensial regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan babwa: 1) Terdapat hubungan antara kemampuan numerik dengan basil belajar matematika, (2) terdapat bubungan antara kemampuan verbal dengan basil belajar matematika, (3) terdapat hubungan antara minat belajar dengan basil belajar matematika dengan, serta (4) secara bersama-sama terdapat bubungan yang simultan antara kemampuan numerik, kemampuan verbal dan minat belajar dengan hasil belajar matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan babwa terdapat bubungan yang simultan antara kemampuan numerik, kemampuan verbal dan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Jembrana.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40070-23.pdf
Uncontrolled Keywords: numeric ability, verbal ability, learning interest, learning achievement,Mathematic, kemampuan numerik, kemampuan verbal, minat belajar, basil belajar, matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:50
Last Modified: 12 Aug 2024 03:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item