PEMANFAATAN PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL

Riyantini, and Teguh, (2022) PEMANFAATAN PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. In: Temu Ilmiah Nasional Guru XIII, 19 November 2021.

[img]
Preview
Text
3. Prosiding TING-XIII-184-189.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Perkembangan digital sangat besar pengaruhnya terhadap budaya Indonesia. Dengan adanya internet muncul permainan online, permainan tradisional mulai ditinggalkan oleh para anak�anak atau para siswa. Sebagai permainan tradional, perminan engklek perlu tetap dilestarikan. Permainan ini menggunakan media lapangan sampai saat ini dimainkan oleh para siswa atau anak-anak dengan menggunakan alat sederhana yaitu berupa gambar berbentuk petak-petak pada bidang datar di tanah halaman rumah atau halaman sekolah. Bangun datar yang digunakan berupa persegi, segitiga, lingkaran, persegi panjang, hasil dari pembelajaran menggunakan permainan englek meningkatkan pemahaman siswa akan bangun datar dan luasnya sehingga mudah untuk diingat dan siswa dapat menerapkan rumus soal bangun datar ketika dihadapkan pada persoalan-persoalan yang berkaitan dengan luas bangun datar sehingga permainan ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 23/S0030.pdf
Uncontrolled Keywords: Permainan tradisional, media pembelajaran, era digital
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (Berhitung untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Prosiding Seminar > Temu Ilmiah Nasional Guru XIII
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Apr 2023 10:03
Last Modified: 04 Aug 2023 07:18
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10320

Actions (login required)

View Item View Item