Riyantini, and Teguh, (2022) PEMANFAATAN PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. In: Temu Ilmiah Nasional Guru XIII, 19 November 2021.
|
Text
3. Prosiding TING-XIII-184-189.pdf Download (461kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan digital sangat besar pengaruhnya terhadap budaya Indonesia. Dengan adanya internet muncul permainan online, permainan tradisional mulai ditinggalkan oleh para anak�anak atau para siswa. Sebagai permainan tradional, perminan engklek perlu tetap dilestarikan. Permainan ini menggunakan media lapangan sampai saat ini dimainkan oleh para siswa atau anak-anak dengan menggunakan alat sederhana yaitu berupa gambar berbentuk petak-petak pada bidang datar di tanah halaman rumah atau halaman sekolah. Bangun datar yang digunakan berupa persegi, segitiga, lingkaran, persegi panjang, hasil dari pembelajaran menggunakan permainan englek meningkatkan pemahaman siswa akan bangun datar dan luasnya sehingga mudah untuk diingat dan siswa dapat menerapkan rumus soal bangun datar ketika dihadapkan pada persoalan-persoalan yang berkaitan dengan luas bangun datar sehingga permainan ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | 23/S0030.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Permainan tradisional, media pembelajaran, era digital |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (Berhitung untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru XIII |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 07 Apr 2023 10:03 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 07:18 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10320 |
Actions (login required)
View Item |