Pemanfaatan APE dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini

Kadarwati, Sri and Nurmawati, and Suharno, Yusak (2016) Pemanfaatan APE dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Pengajaran (Media Pengembangan Profesi Kependidikan dan Evaluasi Pengajaran, 3 (1).

[img]
Preview
Text
6. Pemanfaatan APE dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Anak usia dini ialah anak yang berkisar antara 0-6/0-8 tahun yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa sehingga memunculkan berbagai keunikan pada dirinya. Usia dini utamanya di TK merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak. Upaya pengembangan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara terasuk melalui pendidikan karakter dalam pembelajaran. Pembelajaran anak usia dini harus disesuaikan dengan karakter anak, mulai dari pembelajaran yang menyenangkan, menarik, dan mengaktifkan anak. APE merupakan pilihan yang tepat, karena APE mampu menciptakan imajinasi dan menumbuhkan karakter anak. APE sebagai sarana bermain dapat mengacu pada paradigma proses pembelajaran yang terjadi pada saat ini, yaitu belajar sambil bermain, karena bermain adalah realisasi dari perkembangan diri dari kehidupan anak. Sejalan perkembangan teknologi, APE yang dipilih yaitu APE yang berbasis media, dalam hal ini APE dalam bentuk animasi. Jadi pembentukan karakter anak usia dini bisa melalui kegiatan bermain dengan APE yang berbasis media dalam bentuk animasi.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 23/B0055.pdf
Uncontrolled Keywords: APE, karakter, anak usia dini
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:32
Last Modified: 26 Sep 2023 01:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10528

Actions (login required)

View Item View Item