Chandrawati, Titi and Andriyani, Dewi and Puspitasari, Susy and Budi, Untung Laksana and Mufida, Fiky (2023) Pengembangan Kurikulum PAUD Berbasis Lingkungan Hidup Untuk Paud Kamila, Di Sawangan- Depok, Bogor. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang selatan.
|
Text
pkm paud kamila des 23.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan di PAUD Kamila Sawangan Bogor ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepala lembaga PAUD dan para guru di PAUD tersebut dalam mengembangkan kurikulum lembaga PAUD berbasis pendidikan karakter dan lingkungan hidup. Kurikulum PAUD berbasis pendidikan karakter dan lingkungan hidup sangat diperlukan karena masalah lingkungan hidup sebagai pendidikan karakter bagi anak usia dini merupakan suatu tujuan yang harus disikapi dengan baik karena akibat dari mengabaikan dan menghancurkan lingkungan akan dirasakan oleh masyarakat sendiri. Sasaran utama dari kegiatan PkM ini adalah kepala dan guru di lembaga PAUD Kamila yang ada di wilayah Sawangan Depok, Jawa Barat. Berdasarkan identifikasi masalah diketahui bahwa guru dan kepala lembaga di PAUD Kamila kurang mendapatkan pelatihan tentang kemampuan mengembangkan kurikulum di lembaganya. Pengembangan kurikulum untuk lembaga PAUD merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh seluruh staf dan kepala di Lembaga PAUD karena kurikulum sekolah adalah suatu gambaran dari bagaimana sekolah merencanakan dan melaksanakan seluruh kegiatan pembelajarannya. Oleh sebab itu, kemampuan mengembangkan kurikulum sangat dibutuhkan untuk mengelola kegiatan pembelajaran dan menata sekolah. Target yang ingin dicapai pada pelaksanaan PKM ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan kepala lembaga PAUD dalam hal mengembangkan kurikulum di Lembaga PAUD. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah menggunakan metode pelatihan yang dikemas dalam dua kegiatan, yaitu pelatihan untuk pengarahan dan pemberian contoh dan workshop. Kegiatan pelatihan diawali dengan seminar sehari dengan metode luring untuk memberikan materi tentang ruang lingkup manajemen lembaga PAUD, selanjutnya, para guru dan kepala lembaga melatih diri mengisi kertas kerja berdasarkan situasi lembaganya dengan pendampingan dari Tim PKM melalui metode luring. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah dokumen kurikulum PAUD Kamila dan publikasi ilmiah
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 24/G0007.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, kurikulum, lingkungan hidup |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.001 Curriculum Development (Perkembangan Kurikulum) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 02:51 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 02:51 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10592 |
Actions (login required)
View Item |