Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika di SD Negeri Tonjong 1 melalui Pembelajaran Bermakna dan Menyenangkan

Krisnadi, Elang and Puryati, and Nurhayati, Suci and Novianti, Idha and K., Valeria Yekti (2023) Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika di SD Negeri Tonjong 1 melalui Pembelajaran Bermakna dan Menyenangkan. Project Report. Universitas Terbuka, Pondok cabe, Tangerang selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Abdimas Komunitas Dosen - SDN 1 Tonjong.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu ciri matematika adalah memiliki objek kajian yang bersifat abstrak dan menjadikan objek tersebut tidak mudah diamati dan dipahami dengan panca indera. Sementara itu, proses berpikir siswa di sekolah dasar masih dalam tahap operasi konkrit. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika matematika tidak mudah dipahami oleh sebagian besar siswa. Untuk mempelajari objek matematika yang bersifat abstrak tersebut diperlukan suatu perantara sebagai cara untuk megurangi keabstrakannya, yaitu dengan menggunakan model-model benda konkrit. Dalam pembelajaran matematika, model-model benda konkrit biasa disebut sebagai alat peraga matematika. Di sisi lain, abstraksi menjadi bagian penting yang tidak mungkin terpisahkan dari matematika. Berkembangnya teori-teori abstraksi,baik langsung maupun tidak akan bertalian erat dengan proses pembelajaran matematika di kelas. Selain itu, pembelajaran matematika yang menyenangkan, tidak membosankan, dan sekaligus dapat meningkatkan kebermaknaan pada tingkat sekolah dasar merupakan suatu harapan yang didambakan siswa. Pembelajaran menyenangkan dan bermakna dimungkinkan dapat melahirkan sikap positif siswa terhadap matematika dan dapat meningkatkan pemahamannya terhadap konsep matematika. Berkaitan dengan hal tersebut, kegiatan yang akan dilakukan dalam abdimas ini akan mengupayakan agar guru kelas di SD Negeri Tonjong 1 mampu melakukan proses abstraksi dalam pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan penggunaan alat peraga sebagai salah satu upaya memberikan alternatif pilihan dalam mengatasi berbagai masalah pembelajaran matematika. Dalam dunia pendidikan matematika, sebagian konsep asbtrak dalam matematika akan lebih mudah dipelajari melalui proses abstraksi melalui penggunaan alat peraga.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): ...pdf
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Abstraksi, Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:57
Last Modified: 07 Feb 2024 07:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10607

Actions (login required)

View Item View Item