Search for collections on Universitas Terbuka Repository

Pengembangan Model Pembelajaran Perlindungan Anak Berbasis Role Playing Di Lembaga PAUD

Hermaini, Budi and Magta, Mutiara and Astuti, Febru Puji and Astuti, Wuri and Indrayasa, Ita (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Perlindungan Anak Berbasis Role Playing Di Lembaga PAUD. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Laporan Akhir Penelitian Perlindungan Anak 2024.docx.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Tingkat kekerasan pada anak semakin tinggi sehingga diperlukan langkah preventif sebagai upaya pencegahannya. Sekolah merupakan salah satu pihak yang bertanggungjawab dalam upaya melindungi anak dari segala kekerasan yang terjadi sehingga perlu untuk membelajarkan sedini mungkin pada anak untuk melindungi dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran perlindungan anak berbasis role playing. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang sudah dimodifikasi menjadi empat tahap, yaitu tahap identifikasi kebutuhan pengembangan produk, tahap pengembangan produk, tahap validasi produk dan tahap evaluasi produk. Pengumpulan data pada tahap identifikasi dan analisis kebutuhan produk (research and information collecting) dilakukan dengan mewawancarai 26 guru dari tiga wilayah, yaitu Serang, Magelang dan Malang, sedangkan tahap pengembangan draft produk (develop preliminary form of product) dan tahap validasi produk melibatkan pakar ahli disain pembelajaran dan ahli materi perlindungan anak. Hasil pengembangan produk diperoleh lima materi perlindungan anak dua topik dan tujuh subtopik pembelajaran perlindungan anak, sedangkan uji validasi pakar terhadap produk menyatakan produk sangat layak diimplementasikan ke lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): ...pdf
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, perlindungan anak, role playing
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 17 Feb 2025 04:00
Last Modified: 17 Feb 2025 04:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10772

Actions (login required)

View Item View Item