Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Geometri

Nursamsi, Haris (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Geometri. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41938.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS berorientasi pada pembelajaran matematika realistik. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan materi pembe1ajaran pokok bahasan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga. RPP dan LKS yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui lembar validasi, lembar keterlaksanaan, angket, dan tes. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengikuti prosedur pengembangan produk dari Thiagarajan yang meliputi empat tahap, yaitu: (1) Tahap Pendefinisian (Define); (2) Tahap Perancangan (Design); (3)Tahap Pengembangan (Development); (4) Tahap Pendiseminasian. Dalam penelitian ini, tahapan yang dilakukan hanya sampai menghasilkan produk final dan dilakukan publikasi secara terbatas di SMKN 2 Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika ini telah valid, praktis, dan efektif yang memiliki karakteristik sebagai berikut. RPP memiliki karakteristik: (1) berorientasi pada masalah matematika realistik, (2) disusun secara sistematis, (3) melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, dan (4) menghantarkan siswa pada penemuan kembali konsep-konsep matematika. LKS memiliki karakteristik: ( 1) berorientasi pada masalah matematika realistik, (2) memberikan gambaran mangenai keruntutan materi, (3) memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran, dan (4) dilengkapi dengan penyelesaian tugas/latihan dan tidak lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41938.pdf
Uncontrolled Keywords: Instructional Plans, Student Worksheets, Goometri Space, Realistic Mathematics, RPP, LKS, Goometri Ruang, Matematika Realistik
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:01
Last Modified: 01 Jun 2016 04:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item