Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Pemanfaatan Open Educational Research Pada Website UT (Studi Pada Mahasiswa PGPAUD UT Di UPBJJ-UT Yogyakarta)

Triyono, and Tatminingsih, Sri (2013) Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Pemanfaatan Open Educational Research Pada Website UT (Studi Pada Mahasiswa PGPAUD UT Di UPBJJ-UT Yogyakarta). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_22.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian quasi eksperimen ini bertujuan mengungkap sejauh mana mahasiswa UT UPBJJ-Yogyakarta di Pokjar Purworejo memanfaatkan fasilitas website UT,OER (Open Educational Resources; Latihan Mandiri) untuk sumber belajar dan sejauh mana dampak pada hasil belajarnya. Subjek penelitian dua kelas paralel, kelas A dan B semester enam S1. Kelompok terdiri 2(dua) , satu kelas (A) sebagai kelompok control, 21 mahasiswa, dan B dengan jumlah 22 mahasiswa sebagai kelompok yang mendapatkan pelatihan OER. Pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner, pre test dan post test. Analisis data menggunakan teknik analisis data statistic komputer program SPSS versi 13 for windows . Hasil penelitian sekaligus menjawab pertanyaan permasalahan bahwa mahasiswa S1PGPAUD di pokjar Purworejo dalam: (a) Pengetahuan dan Pengalaman Tentang Teknologi, 57% tidak memiliki perangkat komputer, hanya 28% yang bisa menggunakan internet,72% tidak bisa , 51% tidak memiliki handphone (HP) dengan jaringan internet dan hanya 3% mahasiswa akses internet melalui HP. (b) Pengenalan dan Pemanfaatan Website UT ; 49% mahasiswa tidak mengetahui website UT, mereka tahu tentang website UT 47% dari informasi tutor, 44% dari teman, 3% dari keluarga dan 6% mahasiswa menyatakan belum pernah mendapat informasi tentang website UT, 60% mahasiswa tidak pernah membuka/akses website UT, 40% menyatakan sudah pernah, aksesbilitas; 37% menyatakan mudah namun lama, 29% menyatakan sukar dan lama, 12% menyatakan mudah dan cepat dan 22% menyatakan tidak tahu. Keperluan akses; 49% untuk melihat nilai (hasil UAS), 37% untuk melihat nilai dan sekedar tahu tentang kegiatan UT, mayoritas (88%) mahasiswa tidak tahu tentang OER, 14 % mengetahui tentang OER, 88% tidak mengetahui tentang Latihan Mandiri (LM), 12 % mahasiswa mengetahui tentang LM. (c) Cara dan Gaya Mempelajari BMP (Modul); 71% mahasiswa belajar pada waktu malam hari, 63% mereka membaca BMP dengan frekuensi satu minggu sekali, dan separuh lebih,51% mulai membaca BMP saat modul diterima. Hasil post test dalam pengujian t hitung (independent samples test) pada mata kuliah IDIK4008 diperoleh nilai rerata pada Kelas A sebesar 48.00 sedangkan nilai rerata Kelas B (dengan perlakuan) sebesar 55.14. Nilai t hitung sebesar -2.910 dengan nilai sig p = 0.006, (p < 0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian signifikan artinya terdapat perbedaan kemampuan antara responden yang tidak diberikan dengan responden yang diberikan perlakuan (pelatihan OER) dan hasil post test mata kuliah PAUD4306 diperoleh nilai rerata Kelas A sebesar 54.76 sedangkan nilai rerata Kelas B dengan perlakuan sebesar 63.64. Nilai t hitung sebesar -2.194 dengan nilai sig p = 0.034, (p < 0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian signifikan artinya terdapat perbedaan kemampuan antara responden yang tidak diberikan dengan responden yang diberikan perlakuan(pelatihan OER). Simpulan dari penelitian ini yaitu pelatihan OER pada Latihan Mandiri (LM) sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_22
Uncontrolled Keywords: Belajar; Open Educational Research
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 06:28
Last Modified: 26 Jul 2019 04:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5479

Actions (login required)

View Item View Item