Hayati, Khodijah (2012) Pengaruh Kegiatan PAT-UT terhadap Hasil Studi Mahasiswa (Studi Komparasi Antara Tutor yang Telah Mengikuti PAT-UT dan yang Belum) Pada Masa Registrasi 2012.1. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2012_145.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara persiapan, kualitas pelaksanaan dan nilai ujian mahasiswa yang diampu oleh tutor yang sudah dengan yang belum mengikuti PAT-UT. Data yang dikumpulkan adalah persiapan tutor, pelaksanaan tutorial dan hasil belajar mahasiswa. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi, lembar observasi dan angket. Subjek penelitian adalah tutor yang telah mengikuti PAT-UT sebanyak 13 orang diambil dari 31 orang (41,39%) dan yang belum mengikuti PAT-UT sebanyak 13 orang diambil seluruhnya. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana, yaitu dengan perhitungan rata – rata (mean) kemudian dideskripsikan dengan kata-kata. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Tidak ada perbedaan yang berarti antara persiapan tutor yang telah maupun yang belum mengikuti PAT-UT, (2) Tidak ada perbedaan yang berarti antara kualitas pelaksanaan tutorial yang dilakukan oleh tutor yang telah maupun yang belum mengikuti PAT-UT, dan (3) Ada perbedaan antara nilai mahasiswa yang diampu oleh tutor yang telah maupun yang belum mengikuti PAT-UT. Rata-rata nilai mahasiswa yang diampu tutor yang telah mengikuti PAT-UT lebih tinggi/ lebih baik daripada nilai mahasiswa yang diampu tutor yang belum mengikuti PAT-UT. Dari hasil penelitian ini diberikan saran yaitu tutor yang belum mengikuti PAT-UT perlu mengikuti PAT-UT atau belajar kepada tutor yang sudah mengikuti PAT-UT dan mahasiswa perlu aktif mengikuti tutorial dengan baik dan aktif belajar mandiri sebelum mengikuti tutorial
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2012_145 |
Uncontrolled Keywords: | PAT-UT, komparasi, persiapan tutorial, pelaksanaan tutorial, hasil ujian mahasiswa. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 08:39 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 04:29 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5920 |
Actions (login required)
View Item |