Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Kota Tangerang Selatan

Suratinah, and Darminah, (2014) Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Kota Tangerang Selatan. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_120.pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemahaman guru SD di Kota Tangerang Selatan tentang pembelajaran tematik terpadu. Selanjutnya penelitian ini juga melihat dan mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar, khususnya di Kota Tangerang Selatan, serta mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran tersebut dan bagaimana guru mengatasi hambatan yang ada tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen yang dilakukan selama kurang lebih dua bulan. Responden dalam penelitian ini adalah delapan orang guru kelas I dan IV Sekolah Dasar Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para guru responden telah memahami pembelajaran tematik terpadu secara konsep atau teori yang didapatnya dari pelatihan. Namun secara penerapan, pemahaman mereka terhadap pembelajaran tematik terpadu masih kurang. Implementasi pembelajaran tematik terpadu belum nampak dilaksanakan sebagaimana tuntutan dalam kurikulum 2013. Banyak hambatan yang dihadapi guru dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu. Hambatan tersebut antara lain kurangnya pelatihan, jumlah buku yang tidak memadai, kurangnya sarana prasarana, masih adanya kelas paralel, dan banyaknya jumlah siswa di dalam kelas. Berdasarkan kesimpulan hasil dan pembahasan penelitian, disarankan agar pelatihan berkelanjut bagi guru perlu dilakukan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_120
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, pembelajaran tematik integratif/terpadu, tema-tema, kelas paralel
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305.5 Social Classes (Kelas-kelas Sosial, Strata Sosial, Stratifikasi Sosial)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.001 Curriculum Development (Perkembangan Kurikulum)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 02:45
Last Modified: 24 Jul 2018 02:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6129

Actions (login required)

View Item View Item