Rahmat, Agus (1992) Pengaruh Pengetahuan Tentang Ekosistem Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Sikap Mengenai Lingkungan Hidup. Masters thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.
|
Text
40015.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pengaruh Pengetahuan Tentang Ekosistem dan Lingkungan Sekolah Terhadap Sikap Mengenai Lingkungan Hidup (Sebuah Studi Ex Post Facto di SO Jakarta Timur) ,(1992) Tesis Jakarta1992.Program Pasca Sarjana IKIP Jakarta Februari Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh variabel tingkat pengetahuan murid tentang ekosistem dan variabel karakteristik sekolah terhadap sikap murid menqenai lingkur.gan hidup. Pengetahuan tentang ekosistem dalam penelitian ini dibedakan atas pengetahuan tinggi dan rendah sedang lingkungan sekolah dalam penelitian ini dibedakan atas sekolah di lingkungan pertanian. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar (SD) pada empat sekolah di Jakarta Timur tahun 1990/1991. Sampel yang diambil adalah murid-murid kelas V SD yang berasal dari dua sekolah yang masing-masing terdiri dua kelas di sekolah lingkungan pertanian. Sampel adalah 168 murid kelas V SD di keempat sekolah tersebut. Penelitian lnl merupakan penelitian ex post facto dengan rancangan faktorial 2 X 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes dan kuesioner skala sikap berdasarkan Likert. Tes digunakan ur.tuk mengukur pengetahuan tentang ekosistem dan kuesion2r dengan skala Likert digunakan untuk mengukur sikap terhadap lingkungan hidup. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut Murid SD yang mempunyai pengetahuan tentang ekosistem tinggi lebih positif sikapnya terhadap lingkungan hidup dibanding dengan murid SD yang pengetahuan tentang ekosistemnya rendah.Terdapat perbedaan terhadap sikap lingkungan hidup antara murid SD yang letak sekolahnya di lingkungan industri dengan murid SD yang letak sekolahnya di lingkungan pertanian. Tidak terdapat interaksi antara pengetahuan tentang Ekosistem dengan lingkungan sekolah, terhadap sikap murid SD mengenai lingkungan hidup . Hasil penelitian ini diharapkan berpengaru terhadap peningkatan kreativitas guru-guru dalam proses belajar-mengajar terutama dalam merekayasa lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, khususnya dalam belajar-mengajar perdikan lingkunga hidup di SD. Hasil penelitian ini diharapkan merangsang lain untuk melakukan penelitian yang lebih banyak bidang ini tetapi dengan menggunakan sampel berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40015 |
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Hidup ,Ekosistem , Metode Pembelajaran , Pendidikan Dasar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 07:54 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 07:54 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6213 |
Actions (login required)
View Item |