Pengaruh Strategi Pengajaran, Tingkat Kecerdasan dan Sikap, terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar

Effendi, Z. Mawardi (1990) Pengaruh Strategi Pengajaran, Tingkat Kecerdasan dan Sikap, terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
40072.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bersifat eksperimen yang mengkaji perbedaan pengarub Strategi Pengajaran Alternatif,dan Strategi Pengajaran Tertutup terhadap Hasil Belajar IPS di kelas V Sekolah Dasar (SD), dengan jalan membandingkan skor rata-rata Hasil Belajar IPS kedua kelompok dimaksud. Dalam membandingkan Hasil Belajar IPS kelompok Strategi Pengajaran Alternatif dengan kelompok Strategi Pengajaran Tertutup, diperhitungkan variabel Tingkat Kecerdasan dan Sikap siswa mengenai mata pelajaran IPS. Ada dua pendekatan yang ditempub dalam memperbitungkan Tingkat Kecerdasan dan Sikap siswa mengenai IPS dalam membandingkan Hasil Belajar kelompok Strategi Pengajaran Alternatif dengan kelompok Strategi Pengajaran tutup. Pertama, Pengaruh Tingkat Kecerdasan dan TerSikap siswa mengenai IPS dikontrol atau diperlakukan sebagai kovariat. Kedua, pengaruh Strategi Pengajaran dan Sikap siswa mengenai IPS masing-masing dikombinasikan dengan Strategi Pengajaran. Di samping itu, dalam penelitian ini juga diteliti perbedaan hubungan antara Tingkat Kecerdasan dan Sikap mengenai IPS dengan Hasil Belajar IPS dalam kelompok Strategi Pengajaran Alternatif dengan kelompok Strategi Pengajaran Tertutup. Hipotesis diuji dengan uji F, t dan z pada alpha 0,05. Sedangkan analisis yang dipakai meliputi Analisis Anakova, Anova dan Korelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Strategi Pengajaran Alternatif menghasilkan Hasil Belajar IPS yang lebih tinggi daripada Strategi Pengajaran Tertutup. Terdapat interaksi antara Strategi Pengajaran dengan Tingkat Kecerdasan Siswa. Siswa Kelompok Normal lebih beruntung belajar dengan Strategi Pengajaran Alternatif

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 40072.pdf
Uncontrolled Keywords: Strategi pengajaran,Sekolah dasar,proses belajar mengajar,interaksi siswa,tingkat kecerdasan,Ilmu pengetahuan sosial,pendidikan dasar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Dec 2016 07:47
Last Modified: 14 Feb 2017 03:12
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6277

Actions (login required)

View Item View Item