Pengaruh Pendidikan Kehidupan Keluarga terhadap siswa SMP mengenai Seks: suatu studi kasus

Hadisumarto, Suhargono (1985) Pengaruh Pendidikan Kehidupan Keluarga terhadap siswa SMP mengenai Seks: suatu studi kasus. Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
40032.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Dengan memberikan pengetahuan mengenai nilai-nilai dari seksualitas dan menunjukkan pelbagai bahaya bila digunakan di luar” aturan-aturan permainan” -nya , diharapkan dalam diri anak akan tumbuh dan terbentuk pengontrol ,sehingga ia dapat terhindar dari bahaya penyalahgunaan dan bencana di bidang seks Penelitian mengenai materi Pendidikan Seks atau Pendidikan Kehidupan Keluarga (untuk selanjutnya disingkat PK2 dan bukan PKK singkatan dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) untuk pembinaan sikap mengenai seks di Indonesia masih sangat langka, kalau tak hendak dikatakan belum ada. Latar belakang keluarr a yang bahagia dan kurang bahagia dari anak mungkin akan mempengaruhi sikapnya mengenai seks. Lain daripada itu jenis kelamin anak diperkirakan berpengaruh pula pada sikap tersebut. Studi eksperimetal kuasi ini diadakan dalam rangka tif mengenai seks par siswa SMP. Sehubungan dengan itu studi ini meneliti pengaruh materi PK2 , keadaan keluarga, dan jenis kelamin siswa, terhadap sikap siswa mengenai seks. Hipotesis yang diajukan ialah: 1. Ada perbedaan pengaruh antara tiga rnacam materi PK2 yang dicobakan--berturut-turut yang mnenitikberatkan pada segi Biologis, Etis, dan kombinasi Biologis dan Etis (materi kombinasi)--atau sikap siswa mengenai seks. 1.1. Materi PK2 yang merupakan materi kombinasi, akan menghasilkan sikap Positif siswa mengenai seks yang lebih tinggi, bila dibandingkan dengan materi PK2 baik yang menitikberatkan pada segi Biologis maupun Etis. 2. Ada perbedaan pengaruh antara dua macam keadaan keluarga--yakni yang bahagia dan yang kurang bahagia—atas sikap siswa mengenai seks. 2.1. Siswa dari kelurga yang bahagia menunjukan sikap positif mengenai seks yang lebih tinggi,bila dibandingkan dengan siswa dari keluarga yang kurang bahagia. 3. Ada perbedaan antara sikap siswa putra dengan siswa dengan siawa putri mengenai seks. 4. Tidak ada interaksi antara materi PK2, keadaan kelaurga siswa dan jenis kelamin siswa. 5. Siswa dari keluarga yang bahagia dan memperoleh materi PK2 yang merupakan \materi kombinasi, akan menunjukkan sikap positif mengenai seks yang lebih tinggi, bila dibandingkan dengan kombinasi-kombinasi lain antara tiga macam materi PK2 dengan dua macam keadaan keluarga. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rancangan faktorial 3 X 2 X 2, terhadap para siswa suatu SMP Swasta·di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Sampel dipilih dengan memperhatika keacakan sejauh yang mungkin dilakukan. Sikap siswa mengenai seks ditentukan berdasarkan tes sikap yang terdiri atas tiga komponen, yakni kognitif, afektif, dan konatiJ . Nilai yang digunakan adalah nilai tes awal dan tes akhir. Instrumen-instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan meliputi angket, pedoman wawancara, dan pedoman observasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 40032.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendidikan seks, Siswa SMP,sekolah menengha pertama
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.24 Interpersonal Relations with Family Members (Hubungan Individu dengan Anggota Keluarga)
100 Philosophy and Psychology > 170-179 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral) > 173 Ethics of Family Relationships (Etika Hubungan Keluarga)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 31 Jan 2017 07:34
Last Modified: 31 Jan 2017 07:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6347

Actions (login required)

View Item View Item