Pemanfaatan Open Education Resources (OER) sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Marasabessy, Fachria and Juhana, (2016) Pemanfaatan Open Education Resources (OER) sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST2-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi sekarang ini perkembangan teknologi dalam berbagai bidang merupakan fenomena yang tak dapat terhindarkan. Pernyebaran kemajuan teknologi terjadi di setiap aspek kehidupan seperti aspek sosial, ekonomi, budaya, dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi ini pun terjadi dalam dunia pendidikan, termasuk dunia pendidikan di negara kita. Saat ini kita dapat melihat banyak sekolah yang telah memanfaatkan perkembangan teknologi baik dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan administrasi, dan fasilitas sekolah. Internet merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi pada abad ini. Keberadaan internet membuat informasi sangat mudah didapat. Begitu banyak informasi mengenai pendidikan dalam berbagai aspek tersedia dan dapat di akses melalui internet. Salah satu alternatif sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dalam menunjang proses belajar mengajar yaitu Open Resources Education (OER). Open Resources Education yang jika terjemahkan bebas dapat berarti sumber belajar terbuka merupakan salah satu alternatif yang sangat direkomendasikan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai sumber belajar terbuka yang dapat dimanfaatkan baik untuk peserta didik maupun pendidik dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatan OER dalam pembelajaran bahasa Inggris akan menciptakan pembelajaran yang kreatif, variatif dan inovatif. Dengan memanfaatkan OER guru dan siswa akan terlatih untuk mengimplementasikan proses pembelajaran yang kreatif karena akan banyak ide-ide tercipta hasil dari mengakses berbagai sumber belajar pada OER. Pemanfaatan OER memungkinkan guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan empat keterampilan berbahasa Inggris yaitu Reading, Writing. Listening, dan Speaking.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST2-12.pdf
Uncontrolled Keywords: Teknologi, OER, Inovasi, Pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Prosiding Seminar > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 23 Mar 2017 03:12
Last Modified: 08 Feb 2019 07:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6533

Actions (login required)

View Item View Item