Efektifitas Pembelajaran Matematika Dengan E-Learning Berbasis Schoology

Choirudin, (2015) Efektifitas Pembelajaran Matematika Dengan E-Learning Berbasis Schoology. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42240.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Internet adalah salah satu bentuk nyata dari perkembangan teknologi,informasi dan komunikasi. Banyak manfaat dalam penggunaan internet. Salah satu penggunaan internet yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan adalah e-learning. Dalam penelitian ini penulis menyajikan pembelajaran e-learning berbasis schoology sebagai salah satu bentuk Learning Social Media (LSM) atau pembelajaran media sosial. Dengan penggunaan schoology dalam penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan efektifitas E-learning berbasis schoology terhadap hasil belajar peserta didik pada materi persamaan kuadrat. Untuk melihat tercapainya tujuan penelitian ini maka dilakukan penelitian di MA Ma'arif Roudlotut Tholibin Metro mulai dari bulan Januari sampai dengan April 2015. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MA Ma'arif Roudlotut Tholibin Metro. Karena keterbatasan waktu dan tenaga peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas X IPA, sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 20 orang. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development/R&D) karena peneliti ingin mengembangkan pembelajaran matematika menggunakan E-learning berbasis Schoology pada materi pokok persamaan kuadrat untuk madrasah aliyah kelas X. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah berupa angket penelitian serta soal tes. Angket tersebut ada dua jenis, yaitu angket evaluasi sebelum ujicoba dan angket setelah ujicoba. Angket tersebut berupa angket tertutup. Angket evaluasi sebelum ujicoba akan diberikan kepada ahli media dan ahli materi yang akan menjadi acuan perlu tidaknya revisi media sebelum ujicoba. Sedangkan angket respon setelah ujicoba akan diberikan kepada guru dan siswa. Selain itu, siswa juga akan mengerjakan soal tes. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas media yang telah dikembangkan serta sebagai acuan revisi tahap akhir. Hasil analisis akhir didapatkan persentase ketuntasan belajar siswa dan respon positif guru dan siswa, multimedia pembelajaran E-learning Schoology tersebut dapat dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42240.pdf
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, E-Leaming, Schoology, Leaming Outcomes Efektifitas, E-Learning, Schoology, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Sep 2017 07:51
Last Modified: 19 Sep 2018 04:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6907

Actions (login required)

View Item View Item