Pengaruh Strategi Pembelajaran Tematik terhadap Kreativitas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sains Siswa Kelas III SDN 086441 Kota Sibolga Tahun Ajaran 2013/2014

Megawati, (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran Tematik terhadap Kreativitas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sains Siswa Kelas III SDN 086441 Kota Sibolga Tahun Ajaran 2013/2014. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42738.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pengaruh penggunaan strategi pembelajaran tematik terhadap kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas III SDN 086441 Kota Sibolga tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dan sumber data adalah data primer, yaitu data yang dikumpulkan langsung dari responden yang berupa angket tentang variable strategi pembelajaran tematik, kreativitas, dan prestasi belajar. Tipe penelitian ini adalah penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, karena penelitian ini bermaksud menjelaskan pengaruh antara variable strategi pembelajaran tematik, kreativitas, dan prestasi belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner. Analisis data menggunakan analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh strategi pembelajaran tematik terhadap kreativitas dalam meningkatkan prestasi belajar III SDN 086441 Kota Sibolga tahun pembelajaran 2013/2014 dengan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai koefisien sebesar 0,989 dan nilai Fhutung sebesar 65,435,dengan nilai signifikansi sebesar 0,05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, dan persamaan yang dihasilkan adalah(Z) = 4,492 + 4,27X+ 0,898Y Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable strategi pembelajaran tematik lebih dominan mempengaruhi variable prestasi belajar III SDN 086441 Kota Sibolga yaitu sebesar 7,413sedangkan kreativitas belaja rdi SDN 086441 Kota Sibolga yaitu sebesar 3,989

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42738.pdf
Uncontrolled Keywords: Thematic Leaming Strategy, Creativity, Leaming Achievement,Strategi Pembelajaran Tematik, Kreativitas, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Sep 2017 03:35
Last Modified: 13 Feb 2019 07:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6929

Actions (login required)

View Item View Item