Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Transformasi untuk Siswa SMP

Kurnaini, Idawati (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Transformasi untuk Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42752.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjadi manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, pendidikan nasional hams berfungsi secara optimal sebagai wahana utama dalam pembangunan bangsa dan karakter Kurikulum 2013 mengisyaratkan tiga sisi yang perlu mendapatkan perhatian besar dari guru, yaitu tentang: moral dan keimanan dalam rangka menjaga karakter bangsa, daya kritis dalarn memelihara kemarnpuan analisis dan kecermatan, dan kreativitas dalam rangka mendorong tumbuh kembangnya daya cipta dan menghindarkan sikap ketergantungan. Pembelajaran diarahkan untuk mendorong peserta didik mencari tahu dari berbagai sumber informasi, bukan diberi tahu. Pembelajaran matematika memiliki fungsi sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logis, kreatif, dan bekerja sarna yang diperlukan siswa dalarn kehidupan modern. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemarnpuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah,tidak pasti, dan kompetitif Berdasarkan pengalarnan peneliti, hasil tes yang menunjukkan bahwa materi transformasi pada tahun pelajaran sebelumnya belum mencapai ketuntasan klasikal, dan hasil diskusi dengan guru matematika dalarn upaya meningkatkan kreatifitas siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan berbantuan software GeoGebra . Dengan uraian diatas peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan desain pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam upaya peningkatan kreatifan siswa dalarn belajar matematika dengan perangkat pembelajaran berbantuan GeoGebra. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan 1 hasil pengamatan aktivitas siswa rata-rata sebesar 86, 11 % atau berada pada kategori baik,sedangkan pada pertemuan II aktivitas siswa rata-rata sebesar 86, 11 % atau berada pada kategori baik. Nilai akhir pada pertemuan I siswa yang tuntas adalah 87,75%, sedangkan pada pertemuan II siswa yang tuntas sebesar 91,67 %. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sangat positif yang berarti siswa merasa bahwa belajar kooperatif tipe Jigsaw adalah menyenangkan, tidak membosankan, dan dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Dari data di atas menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikatakan berhasil. Saran bagi yang menggunakan pembelajaran tipe Jigsaw seyogyanya mempertimbangkan hal-hal seperti : kesiapan guru karena pada pembelajaran Jigsaw, para siswa di kelompok asal membahas sub-sub materi yang berbeda-beda,dan ketersediaan waktu yang cukup banyak untuk kegiatan pembelajaran, dan mengembangkannya lebih lanjut untuk pelajaran matematika pada pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42752.pdf
Uncontrolled Keywords: cooperatif, jigsaw, teaching equipments, GeoGebra, transformationperangkat pembelajaran , GeoGebra,Transformasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:42
Last Modified: 10 Jan 2019 01:14
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6978

Actions (login required)

View Item View Item