Lasiman, (2017) Prestasi Belajar Siswa Meningkat Melalui Metode Pemberian Pekerjaan Rumah pada Materi Pelajaran Sekolah Dasar. Duta Palapa: Jurnal Keguruan dan Kependidikan, 3 (1). pp. 1-16. ISSN 2503-3409
|
Text
jurnal 3-1 okk.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (123kB) | Preview |
Abstract
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Pemberian Pekerjaan Rumah Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hanya sebagian kecil atau hanya setengah dari jumlah siswa seluruhnya yang ada di dalam kelas III SDN 2 Kelapa Tujuh yang mendapatkan nilai 61. Hasil belajar tersebut masih rendah jika dibandingkan dengan kriteria ketuntasan minimal belajar yaitu 69 yang ditetapkan di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan nilai hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa terdapat materi pelajaran, penulis melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, refleksi. Secara keseluruhan dampak penerapan metode pemberian pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar siswa terus menerus meningkat pada setiap siklus. Dimana sebelumnya siswa kurang termotivasi dan berperan aktif dalam pembelajaran, setelah menerapkan metode pemberian pekerjaan rumah ini siswa lebih aktif. Aktivitas siswa tersebut menimbulkan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat ditunjukkan dengan semakin meningkatnya rata-rata nilai prestasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran yang disampaikan. Maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode pemberian pekerjaan rumah dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan rata-rata prestasi siswa dan prosedur serta pengelolaan metode pemberian pekerjaan rumah pada pembelajaran sangat berpengaruh terhadap aktivitas dan motivasi serta nilai prestasi belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information (ID): | jurnal 3-1 okk.pdf |
Uncontrolled Keywords: | The Increasing of Performance, Homework Method,Peningkatan Pretasi, Metode Pemberian PR |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 06:38 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:27 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7014 |
Actions (login required)
View Item |