Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX

Su'udi, (2014) Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42626.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa, khususnya pada kemampuan pemecahan masalah materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perangkat pembelajaran yang valid dan efektivitas pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) berbasis karakter untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi lengkung, yang secara lebih khusus bertujuan meneliti tentang pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan PMR berbasis karakter untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen quasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Tenggarang, Bondowoso. Subjek populasinya adalah seluruh siswa kelas IX dengan mengambil dua sampel secara acak yaitu kelas IX A dan IX C dari 6 kelas yang ada. Desain penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok ekperimen yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistic (PMR) berbasis karakter dan kelompok kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang valid dan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan PMR berbasis karakter dengan perangkat tersebut, rata-rata KKM dapat tercapai dapat tercapai pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini terlihat dari p sig.(2-tailed) = 0, 075, p ≥ 0,05. Demikian juga terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan pendekatan PMR berbasis karakter dibandingkan kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional, dengan rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata pada kelas kontrol. Terlihat bahwa p (sig(2-tailed)) = 0,040, p < 0,05. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama dan keterampilan pemecahan masalah secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai R Square = 73,5%, kemampuan kerjasama berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai R Square = 48, 7% serta keterampilan pemecahan masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah, yaitu dengan nilai R Square = 72,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan PMR berbasis karakter efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP Negeri 2 Tenggarang, Bondowoso.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42626.pdf
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika, pendekatan pendidikan matematikarealistik berbasis karakter, kemampuan pemecahan masalah, learning math, character based realistic mathematics education approach, problem-solving ability
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Jan 2018 06:33
Last Modified: 24 Jan 2018 04:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7171

Actions (login required)

View Item View Item