Sri, Harnani (2014) Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI Semester I SMKN 2 Metro TP 2013-2014). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42649.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian eksperimen semu ini berfokus pada upaya untuk mengetahui kualitas peningkatan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa SMK(Sekolah Menengah Kejuruan) sebagai akibat penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan Open-ended dibanding dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Metro Lampung, Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini kelas XI TPHP2 sebagai kelas eksperimen, yang diterapkan pembelajaran dengan pendekatan openended, dan kelas XI TPHP 1 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah "Pretes-Postes Control Group Design" Instrumen penelitian ini menggunakan seperangkat tes esai untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t, setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penggunaan LKS dan soal-soal terbuka meningkatkan aktivitas belajar dan siswa memiliki sikap positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan open-ended.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42649.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, Komunikasi matematis, Open-ended Critical Thinking, Communication mathematically, Open-ended |
Subjects: | 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication (Komunikasi) 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 511.8 Mathematical Models, Mathematical Simulation/Matematika Model, Simulasi Matematika |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 18 Jan 2018 07:44 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 07:03 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7179 |
Actions (login required)
View Item |