Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI Semester I SMKN 2 Metro TP 2013-2014)

Sri, Harnani (2014) Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI Semester I SMKN 2 Metro TP 2013-2014). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42649.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini berfokus pada upaya untuk mengetahui kualitas peningkatan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa SMK(Sekolah Menengah Kejuruan) sebagai akibat penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan Open-ended dibanding dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Metro Lampung, Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini kelas XI TPHP2 sebagai kelas eksperimen, yang diterapkan pembelajaran dengan pendekatan openended, dan kelas XI TPHP 1 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah "Pretes-Postes Control Group Design" Instrumen penelitian ini menggunakan seperangkat tes esai untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t, setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penggunaan LKS dan soal-soal terbuka meningkatkan aktivitas belajar dan siswa memiliki sikap positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan open-ended.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42649.pdf
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Komunikasi matematis, Open-ended Critical Thinking, Communication mathematically, Open-ended
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication (Komunikasi)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 511.8 Mathematical Models, Mathematical Simulation/Matematika Model, Simulasi Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Jan 2018 07:44
Last Modified: 24 Jan 2018 07:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7179

Actions (login required)

View Item View Item