Model Pembelajaran CIRC dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX

Nurokhmat, Teguh Prasetya (2015) Model Pembelajaran CIRC dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42720.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model pembelajaran CIRC dengan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis materi bangun ruang sisi lengkung yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan perangkat dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D terdiri dari :define, design, dan develop. Pengembangan perangkat ini meliputi : 1) Silabus, 2)RPP, 3) Buku Siswa, 4) LKS, 5) TKKM ( Tes Kemampuan Koneksi Matematis ). Subyek uji coba adalah siswa kelas IX SMP 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan yang terdiri dari 7 kelas dengan klaster sampling terpilih satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Variabel independen meliputi karakter kerja keras dan keterampilan koneksi matematis, sedangkan variabel dependen adalah kemampuan koneksi matematis. V ariabel kerja keras dan keterampilan koneksi matematis diambil melalui pengamatan, sedangkan untuk kemampuan koneksi matematis diukur melalui tes ( TKKM ). Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji t, uji z, dan analisis regresi. Hasil validasi terhadap semua perangkat yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat baik dan baik yang tercermin dari nilai rata-rata validator untuk silabus 53,2, dari skor tertinggi 64, RPP 105 dari skor tertinggi 131, Buku siswa 35 dari skor tertinggi 40, LKS 31,6 dari skor tertinggi 40 dan TKKM 23,8 dari skor tertinggi 28. Karakter kerja keras dan keterampilan koneksi matematis masuk dalam kategori baik yaitu sebesar 3,51 dan 3,30 dari skor tertinggi 5,00. Pengelolaan pembelajaran menunjukkan kategori baik dan respon siswa positif. Sementara itu hasil uji coba diperoleh pembelajaran efektif yang ditandai nilai rata-rata kemampuan koneksi matematis adalah 82,53 dan ketuntasan klasikal 90% melebihi KKM yang ditentukan sebesar 75 dan ketuntasan klasikal 75%. Kerja keras dan keterampilan koneksi matematis berpengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematis sebesar 35% dan 74,6%, dan secara bersama-sama sebesar 79,9%. Rata-rata kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen 82,53 dan kelas kontrol 75,66. Rata-rata skor gain hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen 0,68 dan kelas kontrol 0,50. Hal ini menujukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan matematika realistik adalah valid, praktis dan efektif sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42720.pdf
Uncontrolled Keywords: learning instrument, learning model CIRC, mathematical realistic approach, hard work, mathematical connection skill, mathematical connections ability. Perangkat pembelajaran, model pembelajaran CIRC,pendekatan matematika realistik, kerja keras, keterampilan koneksi matematis, kemampuan koneksi matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Feb 2018 01:55
Last Modified: 14 Feb 2018 01:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7225

Actions (login required)

View Item View Item