Analisis Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Luas Daerah Bidang Datar dengan Menggunakan Integral pada Kelas XII IPA SMA NEGERI 3 PALOPO

Alimuddin, (2013) Analisis Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Luas Daerah Bidang Datar dengan Menggunakan Integral pada Kelas XII IPA SMA NEGERI 3 PALOPO. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42638.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soalluas daerah bidang datar dengan menggunakan integral. Pada umumnya peserta didik belum mampu menyelesaikan soal luas daerah bidang datar dengan menggunakan integral terutama soal Ujian Nasional. Ini disebabkan karena peserta didik belum mampu memahami jenis kurva dan menggambar kurva, menentukan letak daerah arsiran yang dibatasi oleh kurva serta menggunakan integral dalam menyelesaikan luas daerah bidang datar yang dibatasi oleh kurva. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-kuantitatif. Subjek penelitian adalah tiga orang peserta kelas XII IP A F SMAN 3 Palopo yaitu seorang berkemampuan tinggi yang selanjutnya disebut subjek tinggi (ST), berkemampuan sedang yang selanjutnya disebut subjek sedang (SS), dan berkemampuan rendah yang selanjutnya disebut subjek rendah (SR). Untuk mengungkap data penelitian, dilakukan tes diagnostik dan wawancara berbasis tugas kepada subjek penelitian. Data penelitian divalidasi dengan melakukan triangulasi metode dengan cara membandingkan antara hasil tes diagnostik dan hasil wawancara. Data penelitian dianalisis dengan (a) menelaah data subjek dan membandingkan data hasil tes diagnostik dan data hasil wawancara agar datanya valid, (b) melalukan analisis data pada kemampuan dalam menyelesaikan soal luas daerah bidang datar, (c) membuat rubrik analitik dan rubrik holistik untuk mengukur kemampuan peserta didik dengan menggunakan statistik deskriptif, (d) meyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) kemampuan subjek tinggi sangat baik terhadap indikator kemampuan pemahaman objek kajian matematika, sangat baik terhadap indikator kemampuan sistematis prosedural, dan sangat baik terhadap indikator kemampuan keterampilan proses pemecahan dalam menyelesaikan soal luas daerah bidang datar yang dibatasi oleh sebuah kurva maupun dibatasi oleh dua kurva. (2) kemampuan subjek sedang dalam menyelesaikan soal luas daerah bidang datar yang di batasi oleh sebuah kurva adalah baik terhadap indikator kemampuan pemahaman objek kajian matematika, sangat baik terhadap indikator kemampuan sistematis prosedural, dan baik terhadap indikator kemampuan keterampilan proses pemecahan sedangkan untuk luas daerah bidang datar yang dibatasi oleh dua kurva adalah kemampuan subjek sedang baik terhadap indikator kemampuan pemahaman objek kajian matematika, cukup baik terhadap kemampuan sistematis prosedural, dan cukup baik terhadap indikator kemampuan keterampilan proses pemecahan. (3) kemampuan subjek rendah dalam menyelesaikan soal luas daerah bidang datar yang di batasi oleh sebuah kurva adalah cukup baik terhadap indikator kemampuan pemahaman objek kajian matematika, cukup baik terhadap indikator kemampuan sistematis prosedural, dan cukup baik terhadap indikator kemampuan keterampilan proses pemecahan sedangkan untuk luas daerah bidang datar yang dibatasi oleh dua kurva adalah kemampuan subjek rendah kurang baik terhadap indikator kemampuan pemahaman objek kajian matematika, kurang baik terhadap kemampuan sistematis prosedural, dan kurang baik terhadap indikator kemampuan keterampilan proses pemecahan. Sebae~Lkesimpulan, penelitian ini memberikan deskripsi kemampuan peserta didik yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal luas daerah bidang datar dengan menggunakan integral sangat memuaskan sedangkan peserta didik berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal luas daerah bidang datar dengan menggunakan integral kurang memuaskan, dan peserta didik berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal hias daerah bidang datar dengan menggunakan integral tidak memuaskan. Penelitian ini berlaku untuk setiap peserta didik yang mempunyai karakter sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42638.pdf
Uncontrolled Keywords: Understanding the object of ability of mathematics study, systematic procedural ability, problem solving ability, broad flat field area, integral. Kemampuan pemahaman objek kajian matematika, kemampuan sistematis prosedural, kemampuan keterampilan proses pemecahan, luas daerah bidang datar, integral.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 515.4 Integral Calculus and Integral Equations/Kalkulus Integral dan Persamaan Integral
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:23
Last Modified: 24 Sep 2018 02:56
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7228

Actions (login required)

View Item View Item