Hadi, Arif Syamsul (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Motivasi dan hasil Belajar Matematika Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42652.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran matematika di SMP Negeri 3 Sumberasih Kabupaten Probolinggo selama ini masih sering menggunakan model pembelajaran sebagaimana biasa, cenderung di kelas dan hanya menggunakan buku siswa yang seringkali kurang mengaitkan dengan lingkungan mereka. Perangkat pembelajaran dan proses pembelajarannya juga kurang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media pembelajarannya. Keadaan ini temyata berimplikasi pada rendahnya motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini diketahui dari hasil wawancara peneliti dengan sebagian siswa serta hasil ulangan harlan matematika semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Dari hasil tes awal juga diketahui bahwa dari 26 siswa yang ada, Hanya 5 anak yang mendapatkan nilai yang mencapai atau melampaui KKM yang ditentukan sebesar 65. Untuk mengatasi permasalahan ini guru perlu mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah yang mampu meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk perangkat pembelajaran, berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar (THB) yang berorientasi pada pemanfaatan lingkungan sekolah yang valid, efektif dan praktis dengan harapan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner, tes, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data tentang keterlaksanaan pembelajaran, motivasi belajar siswa, basil tes, serta respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sumberasih Satu Atap Kabupaten Probolinggo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar siswa dari tingkat sedang pada awalnya menjadi tinggi pada saat setelah tindakan. Ketuntasan belajar secara individu dan klasikal dapat dicapai setelah dilakukan tindakan. Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Keterlaksanaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan sangat baik dan meningkat dari pertemuan ke-1 sampai dengan pertemuan ke-3. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekolah menunjukkan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42652.pdf |
Uncontrolled Keywords: | A set of learning, the use of school environment, motivation and result of learning, Perangkat pembelajaran, Pemanfaatan lingkungan sekolah, motivasi dan hasil belajar. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 03:16 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 08:00 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7232 |
Actions (login required)
View Item |