Qurohman, M. Taufik (2015) Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Somatic Auditory Vizulalisation Intellectualy berbasis Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Program Linier. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42775.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari nilai ulangan harian dan pengamatan dari guru kelas XII pada jurusan IPA dijumpai kurangnya pemahaman siswa dalam mencerna masalah yang berkaitan dengan materi program linier. Tujuan penelitian menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model Somatic Auditory Vi::ualisation Intelectualy (SAVI) berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model -ID yang dimodifikasi menjadi 3D terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Jenis perangkat yang dikembangkan adalah : ( 1) Silabus; (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (3) Buku Siswa (BS); dan (4) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (5)Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM). Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA PGRI 1 Taman Pemalang kelas XII IP A 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IP A l sebagai kelas kontrol. Variabel independent penelitian ini adalah kemandirian ( x1 ), dan keterampilan Pemecahan masalah ( x 2 ), sedangkan variabel dependent adalah hasil tes kemampuan memecahkan masalah (TKPM). Perangkat pembelajaran valid ditentukan berdasarkan rata-rata skor validasi ahli dengan rentang skor 1- 4 dan perangkat pembelajaran praktis dilihat dari rata-rata skor kepraktisan yang didapat dari angket respon siswa sedangkan untuk perangkat pembelajaran yang efektif menggunakan uji proporsi, uji regresi dan uji banding. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut: ( 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid menurut validator, dengan ratarata nilai validasi 3,25 dengan skor tertinggi 4; (2) perangkat dikatakan praktis karena respon siswa positif dengan skor 83,92 dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan skor 4,41 termasuk sangat tinggi; (3) penggunaan perangkat pembelajaran model SAVI berbasis RME adalah efektif, ditandai dengan tercapainya: (a) siswa mencapai ketuntasan secara individual (nilai diatas 78) maupun klasikal, (b) kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas yang menggunakan perangkat model SAVI berbasis RME lebih baik dibanding kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas dengan metode konvensional, ( c) Adanya pengaruh secara bersama - sama karakter kemandirian dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 80, 1%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42775.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Somatic Auditory Vizualisation Intellectualy, Realistic Mathematic Education , Pemecahan Masalah, Program Linier. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 06:34 |
Last Modified: | 08 Jun 2020 04:00 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7242 |
Actions (login required)
View Item |