Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Metode Reciprocal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Di SMP Trunojoyo Cakru Kencong Jember

Yaumal, Jum'ati (2016) Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Metode Reciprocal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Di SMP Trunojoyo Cakru Kencong Jember. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42912.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Siswa dalam memahami materi pembelajaran matematika. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Reciprocal, hasil belajar mana yang tinggi antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Reciprocal dan pembelajaran Konvensional pada pembelajaran matematika dikelas VIII SMP Trunojoyo kencong. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII SMP Trunojoyo kencong. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara tersetruktur dan tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan pembelajaran metode Reciprocal terhadap hasil belajar siswa dengan hasil p value sebesar 0,000, tidak ada pengaruh yang signifikan pembelajaran metode konvensional terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan hasil p value sebesar 0,950, tidak ada pengaruh yang signifikan pembelajaran metode konvensional terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi rendah dengan hasil p value sebesar 0,633, ada pengaruh yang signifikan pembelajaran metode Reciprocal terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan hasil p value sebesar 0,000, dan tidak ada pengaruh yang signifikan pembelajaran metode Reciprocal terhadap hasil belajar siswa yang merniliki motivasi rendah dengan hasil p value sebesar 0, 166. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar sebelum mendapatkan pernbelajaran metode Reciprocal terhadap hasil belajar setelah mendapatkan pembelajaran metode Reciprocal dan ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran Reciprocal terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi. Namun tidak ada pengaruh yang signifikan pembelajaran rnetode konvensional terhadap hasil belajar siswa yang rnemiliki motivasi tinggi dan rendah, serta tidak ada pengaruh yang signifikan pembelajaran metode reciprocal terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi rendah. Rekomendasi untuk SMP Trunojoyo yaitu pernbelajran menggunakan metode reciprocal dapat dijadikan salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa dengan motivasi tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42912.pdf
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Reciprocal, Hasil Belajar, dan motivasi belajar,reciprocal teaching method, study result, teaching motivation
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 05 Jun 2018 07:56
Last Modified: 05 Jun 2018 07:56
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7365

Actions (login required)

View Item View Item