Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Orong Telu

Malik, Abdul (2017) Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Orong Telu. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43017.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, letak kesalaban dan penyebab siswa melakukan kesalaban dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 1 Orong Telu yang terdiri dari 30 siswa. Data kesalaban siswa diperoleb dari basil tes tertulis. Jawaban siswa yang salah diidentifikasi ke dalam jenis dan letak kesalahan. Setelah itu dipilih 6 orang siswa sebagai responden untuk diwawancarai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan tidak ada siswa yang mampu menjawab dengan benar semua soal yang diberikan. Berdasarkan basil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu (1) kesalahan konsep sebanyak 43,79%; (2) kesalahan prinsip sebanyak 40,28%; dan kesarahan operasi sebanyak 15,93%. Letak kesalahan yang dilakukan siswa adalab (1) pada kesalaban nada tahap memahami soal (comprehension) sebanyak 22,01 %, yang melinuti kesalaban dalam menuliskan yang diketahui dan yang ditanyakan; (2)kesalahan pada tahap transformasi soal atau membuat model matematika (transformation) sebanyak 18,50%, kesalahan yang dilakukan meliputi kesalahan membuat permisalahan dan membuat model matematika; (3) yang dilakukan siswa yaitu tahap keterampilan proses dalam menyelesaikan model matematika (process skill) sebanyak 27,17%; dan (4) yang dilakukan siswa yaitu tahap penentuan jawaban akhir (encoding) sebanyak 32,32%, kesalahan yang dilakukan meliputi kesalahan menentukan jawaban akhir, menuliskan kesimpulan dan satuan. Bedasarkan basil wawancara, faktor penyebab kesalahan yang dilkaukan siswa adalah karena tidak memahami soal sebingga tidak mampu menerjemahkan kalimat soal ke dalam kalimat matematika; lemah tentang konsep variabel, metode eliminasi dan substitusi; lemah dalam menentukan hasil perhitungan; dan kurang1atihan mengerjakan soal-soal berbentuk cerita yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43017.pdf
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Sistem Sersamaan Linear Dua Variabel, errors analysis, word problem, two variables linear equation system
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373 Secondary Education (Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.598 Secondary Education in Indonesia (Pendidikan Lanjutan di Indonesia)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 06 Nov 2018 07:23
Last Modified: 07 Feb 2019 03:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7505

Actions (login required)

View Item View Item