Apriliani, Desi Ade (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah Materi Geometri Dimensi Tiga. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42995.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis masalah merupakan pembelajaran yang menekankan pemabaman siswa melalui konteks dunia nyata untuk menemukan makna. Penelitian ini bertujuan 1mtuk memperoleb lesson design materi geometri dimensi tiga SMP yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan mengacu pada model 4-D (Thiagarajan1 dkk.1 1974) yang terdiri atas 4 tabap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek ujicoba penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Moyo Hulu Kab. Sumbawa NTB. Perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian ini divalidasi oleb 2 validator menggunakan instrumen lembar validasi. Kepraktisan lesson design dinilai oleh guru matematika sebagai praktisi menggunakan lembar respon guru. Keefektifan dinilai menggunakan lembar respon siswa dan berdasarkan analisis tes basil belajar. Hasil validasi abli dalam rentang skor 1-4 memenuhi kriteria valid yaitu: lesson design 3,80; RPP 3,96; LKS 3,85; THB 4,00; lembar respon guru 3,88 dan lembar respon siswa 4,00. Penilaian praktisi diperoleh rata-rata basil respon 4,60 dengan kategori sangat baik. Penilaian siswa menunjukkan 89,56% merespon baik dan diperoleb nilai rata-rata basil belajar materi luas permukaan kubus 92,04; luas permukaan balok 88,71; volume kubus 89,96; dan volume balok 87,39 ineiampaui kriteria yang ditetapkan yaitu 2:: 75. Berdasarkan basil penelitian tersebut, dapat disimpulkan pengembangan lesson design pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis masalab materi geometri dimensi tiga memenubi kriteria valid, praktis, dan efektif. Pengembangan lesson design ini masib dapat dikembangkan sebagai penelitian lanjutan pada materi yang berbeda atau tingkatan kelas yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42995.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan lesson design, Kontekstual Berbasis Masalah, Geometri Dimensi Tiga, the development lesson design, contextual approach based on problem, three dimensional geometry. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 07:19 |
Last Modified: | 16 Nov 2018 07:19 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7597 |
Actions (login required)
View Item |